Putra, Wigig Bimantara (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI “BUDAYA INDONESIAKU” MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 UNTUK SMARTPHONE ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (616kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0437 Wigig Bimantara Putra.rar Restricted to Repository staff only Download (365MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0437 Wigig Bimantara Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
Abstract
Pembelajaran tentang Budaya di era milenial sekarang sangatlah penting dan dirasa perlu diterapkan sejak dini, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat akan memudahkan pembelajaran, yaitu dengan adanya game edukasi. Oleh karena itu penelitian dan pembuatan game kali ini saya tujukan agar anak usia dini menjadi tertarik untuk mengenal budaya Indonesia melalui aplikasi berbasis android. Pembuatan aplikasi game kali ini dibuat dengan menggunakan construct 2 dengan metode pendekatan GDLC (Game Development Life Cycle). Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih meningkatkan konsentrasi penggunanya (anak-anak). Pemanfaatan teknologi Game edukasi pada proses belajar mengajar anak merupakan salah satu cara yang tepat, karena Game edukasi sebagai media visual memiliki kelebihan dibandingkan dengan media visual yang lain. Selain itu Game edukasi mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan hasil akhir dari Game tersebut. Terlebih lagi anak di era milenial sekarang ini sudah sangat kental dengan smartphone, sehingga penyajian menggunakan game dengan platform android dirasa yang paling tepat, dibandingkan dengan buku, dirasa game akan lebih berpengaruh untuk meningkatkan keinginan belajar anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Budaya, Edukasi, Construct 2, GDLC, anak-anak, Android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Apr 2023 05:22 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18274 |
Actions (login required)
View Item |