PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D BERJUDUL “ALWAYS BE HERE” MENGGUNAKAN METODE FRAME BY FRAME

Dama, Rio Novrianto Rahman (2023) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D BERJUDUL “ALWAYS BE HERE” MENGGUNAKAN METODE FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Video (SOURCE CODE)
Source Code_18.82.0511 Rio Novrianto Rahman Dama.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (128MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0511 Rio Novrianto Rahman Dama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Animasi merupakan sebuah karya seni yang menggabungkan beberapa gambar hingga terlihat bergerak, proses dalam pembuatan animasi terbilang cukup rumit karena harus membutuhkan lembaran kertas yang cukup banyak dalam proses pembuatan animasi tersebut, karena satu kertas hanya berisi satu gambar saja, tehnik ini disebut dengan metode frame by frame. Namun pada era yang modern ini, proses pembuatan animasi lebih banyak di buat menggunakan metode digital, karena proses secara digital lebih efisien dibandingkan dengan proses pembuatan animasi menggunakan banyak lembaran kertas. Salah satu software digital yang digunakan dalam pembuatan animasi frame by frame yaitu Clip Studio Paint. Animasi ini menceritakan tentang seekor kucing jalanan yang harus mencari makan walaupun itu hanyalah sebuah makanan sisa demi bertahan hidup, lalu pada suatu hari ia di temukan oleh seorang gadis dan kemudian mengadopsinya, pada saat itulah si kucing mulai merasakan kehidupan yang berbeda. Proses pembuatan animasi ini menggunakan tehnik frame by frame, mulai dari pergerakan karakter, pergerakan objek, dan ekspresi karakter. Dalam proses pembuatan animasi menggunakan metode frame by frame ini terbagi menjadi 3 tahap, yaitu pra-roduksi, produksi, dan pasca-produksi. Pada tahap praproduksi di dalam nya terdapat ide, naskah, pembuatan konsep karakter, dan storyboard. Tahap selanjutnya yaitu produksi merupakan tahap proses pembuatan animasi, dan background, dan tahap terakhir yaitu pasca-produksi merupakan tahap kompositing, editing, dan render.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Animasi, Frame by frame, 2D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:20
Last Modified: 28 Jul 2023 02:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item