IMPLEMENTASI MODEL KARAKTER MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING PADA ANIMASI “UNIDENTIFIED FLYING OBJECT”

Sidiq, Mustofa Nur (2023) IMPLEMENTASI MODEL KARAKTER MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING PADA ANIMASI “UNIDENTIFIED FLYING OBJECT”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Video (SOURCE CODE)
Source Code 19.82.0544 Mustofa Nur Sidiq.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.82.0544 Mustofa Nur Sidiq.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Pada era sekarang perkembangan animasi semakin hari semakin pesat seperti animasi 3D, hingga saat ini banyak bermunculan film animasi dengan ragam cerita yang unik dan menarik. Film animasi banyak diminati oleh semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak, namun banyak dari kalangan masyarakat yang belum paham tentang bagaimana tahapan dan hambatan dalam pembuatan animasi hingga menghasilkan animasi yang menarik. Dalam pembuatan animasi fiksi “Unidentified Flying Object” yang menceritakan tentang astronot yang bertemu dengan UFO pada sebuah planet, penulis akan membahas tentang tahapan pembuatan modelling karakter dan rigging yang diterapkan pada animasi tersebut. Pada pembuatan model karakter penulis menerapkan teknik polygonal modelling dan rigging menggunakan rigify dengan software yang digunakan adalah blender. Modelling adalah menciptakan 3D objek yang nyata baik dari benda hidup ataupun mati. Sedangkan rigging adalah pemberian tulang pada karakter sehingga karakter dapat digerakkan secara leluasa. Hasil karya model karakter ini digunakan untuk membuat animasi pada acara Exhibition Teknologi Informasi 2022.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: 3D, Modelling Karakter, Polygonal Modelling.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:02
Last Modified: 28 Jul 2023 01:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item View Item