PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D "TEMPER" DENGAN MENERAPKAN TEKNIK FRAME BY FRAME PADA PERGERAKAN KARAKTER

Wibawa, Ales Candra (2023) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D "TEMPER" DENGAN MENERAPKAN TEKNIK FRAME BY FRAME PADA PERGERAKAN KARAKTER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 19.82.0556 Ales Candra Wibawa.rar
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.82.0556 Ales Candra Wibawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Film animasi pendek “Temper” merupakan animasi fiksi 2D yang bercerita tentang seseorang berwujud Banaspati (makhluk berkepala api) bernama Nevada yang tidak bisa mengontrol emosi serta kekuatannya. Hal tersebut membuat Nevada mendapat perundungan di sekolahnya yang berujung pada perkelahian. Animasi ini menggunakan teknik frame by frame yang diaplikasikan dalam pergerakan karakter dan juga pergerakan efek yang ada di dalam film. Penggunaan teknik frame by frame dipilih karena di dalam film ini terdapat karakter imajinatif dengan kepala yang terbakar api serta karakter-karakter lain yang memiliki tampilan fisik yang imajinatif pula. Pergerakan karakter juga dibuat dengan teknik frame by frame untuk menghasilkan gerakan yang lebih detail dan variatif dibanding menggunakan teknik animasi puppet. Gerakan-gerakan yang dibuat antara lain adalah gerakan berdiri dari kursi, karakter membuka sayap, karakter memukul, menendang, berubah wujud, dan lain-lain. Proses yang dilakukan terdiri dari proses pra produksi, produksi dan paska produksi. Software yang digunakan dalam pembuatan film animasi ini adalah Adobe Animate CC 2019, Paint Tool SAI, Adobe After Effect, dan Sony Vegas Pro 15. Software Adobe Animate digunakan untuk membuat rough animation dan inbetween animation, sedangkan Paint Tool SAI digunakan untuk proses clean up dan coloring. Sementara Adobe After Effect dan Sony Vegas Pro 15 digunakan untuk proses compositing dan editing.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Animasi, frame by frame, 2D, api, pergerakan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:00
Last Modified: 28 Jul 2023 02:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item View Item