PERANCANGAN ANIMASI 2D MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI AYAM PENYET SAMBEL IJO NAMADA SURAKARTA

Sukma, Arif Adhi (2022) PERANCANGAN ANIMASI 2D MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI AYAM PENYET SAMBEL IJO NAMADA SURAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.9368 Arif Adhi Sukma.rar
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 15.11.9368 Arif Adhi Sukma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak Maret 2020 silam. Akibatnya, pola ekonomi masyarakat kelas menengah kebawah berubah dan berdampak pada sektor ekonomi yaitu Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM). Banyak pelaku usaha bermigrasi dari sistem konvensional ke sistem penjualan online seperti yang dilakukan UMKM Ayam Penyet Sambel Ijo Namada Surakarta. Pada praktik promosinya, UMKM ini menggunakan GoFood, GrabFood dan ShopeeFood dimana konten promosinya diunggah ke media sosial Instagram dan juga WhatsApp dalam bentuk poster, foto produk serta teks persuasif secara kontinu. Namun seiring berjalannya waktu cara tersebut kurang efektif untuk menarik pelanggan karena varian informasi yang disampaikan berupa teks dan gambar saja. Berdasarkan uraian tersebut, penulis mengusulkan pembuatan video animasi 2D menggunakan teknik motion graphic sebagai media promosi Ayam Penyet Sambel Ijo Namada dengan tahapan proses berupa modeling menggunakan software Adobe Photoshop CC 2019, dubbing menggunakan software Adobe Audition CC 2019, animation menggunakan software Adobe After Effect CC 2019 dan rendering menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2019 hingga menghasilkan video promosi produk yang menarik. Pemanfaatan teknik motion graphic ini membantu menyampaikan informasi secara efektif dan menarik untuk memasarkan produk usaha. Melalui video animasi 2D motion graphic ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat untuk membeli produk dan meningkatkan pendapatan UMKM tersebut secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Fauzi, Moch Farid
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Motion Graphic, Animasi 2D, Produk, UMKM.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:42
Last Modified: 28 Jul 2023 02:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item