Ristanti, Devinta (2011) PEMBUATAN DAN PERANCANGAN GAME DAKON DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI USAHA UNTUK TETAP MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ERA DIGITALISASI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (717kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (63kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.12.2314 Devinta Ristanti.zip Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Perkembangan Teknologi pada jaman sekarang ini sangatlah pesat. Teknologi yang begitu modern membuat manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman,mereka makin dimanja dengan adanya teknologi yang canggih dan serba instan. Tidak terkecuali dengan anak jaman sekarang yang lebih suka bermain Playstation. videogame ataupun games online di internet ketimbang bermain permainan tradisional. Memang tidak semua anak-anak melupakan permaian tradisional,mereka yang masih hidup dengan kesederhanaan masa kanak-kanak di desa masih dapat merasakan keberagaman permainan tradisional,tetapi tidak dengan mereka yang hidup ditegah-tengah perkembangan jaman dan teknologi yang serba canggih,mereka harus mampu mengikuti perkembangan jaman. Permainan tempo dulu sebenarnya sangat baik untuk melatih fisik dan mental anak. Secara tidak langsung anak-anak akan dirangsang kreatifitas, ketangkasan, jiwa kepemimpinan, kecerdasan, dan keluasan wawasannya melalui permainan tradisional. Namun sayangnya seiring kemajuan jaman, permainan yang bermanfaat bagi anak ini mulai ditinggalkan bahkan dilupakan. Oleh sebab itu penulis berinisiatif membuat sebuah game permainan tradisional sebagai bentuk salah satu upaya mempertahankan permainan tradisional sebagai budaya bangsa agar tidak terlupakan oleh anak-anak meskipun perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dalam pembuatan game ini penulis akan menggunakan software Macromedia Flash 8 dan beberapa software penunjang lainnya dalam pembuatan dan perancangan game “Dakon” ini. Dengan game ini anak – anak maupun remaja dapat tetap mempertahankan permainan tradisonal dalam bentuk digital di era digitalisasi, sehingga tidak memerlukan peralatan permainan yang sebenarnya, cukup dengan sebuah komputer atau laptop, mereka dapat bermain dakon.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Permainan, Tradisional, Dakon. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Mar 2023 05:51 | ||
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/17861 |
Actions (login required)
View Item |