Prastyawan, Yudha (2021) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN HEWAN PEMAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN PEMAKAN DAGING BERBASIS GAME EDUKASI PADA TAMAN KANAK-KANAK BHAKTI SIWI PURWOREJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Video (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0209-Yudha Prastyawan - Yudha Prastyawan.mp4 Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0209-Yudha Prastyawan - Yudha Prastyawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan media pembelajaran berbasis game edukasi sebagai proses pembelajaran di dalam kelas. Manfaat dari penelitian ini dapat meningkatkan motivasi belajar, kreativitas belajar dan pemahaman siswa khususnya mengenai hewan pemakan tumbuhan dan hewan pemakan daging. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan MDLC ( Multimedia Development Life Cycle ) dengan 6 (enam) tahap yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pengenalan hewan pemakan tumbuhan dan hewan pemakan daging yang di dalamnya terdapat game dan soal latihan untuk melatih kemampuan berpikir siswa. Maka nilai yang diperoleh dari aspek kemudahan 4,03 % responden merasa puas, dari aspek materi pembelajaran 4,35 % responden merasa puas, dari aspek tampilan media pembelajaran 3,92 % responden merasa puas, dari aspek tombol media pembelajaran 3,63 % respon merasa puas. Maka dapat disimpulkan bahwa dari hasil kuisioner media pembelajaran yang dirancang efektif untuk proses belajar
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Multimedia, Permainan, Game, Learning Media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 04:04 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |