Gustanta, Dani (2012) OPTIMALISASI ENSIKLOPEDIA CETAK PADA SISTEM KERANGKA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (53kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.11.2216 Dani Gustanta.zip Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
Abstract
Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realtime. Dalam sekripsi ini, penulis akan memanfaatkan teknologi tersebut sebagai optimalisasi ensiklopedia cetak pada sistem kerangka manusia dengan memanfaatkan webcam. Webcam akan mengenali obyek/simbol yang sudah dibuat dan disisipkan pada ensiklopedia agar dapat mengenali obyek untuk ditampilkan kebentuk lain, yaitu bentuk tiga dimensi maupun dua dimensi sehingga terlihat seperti obyek yang nyata. Peranan media cetak sebagai media informasi masih tetap eksis sampai saat ini, walaupun sekarang sudah banyak buku yang mengubahnya menjadi ebooks (elektronik books) namun peranan media cetak masih menjadi andalan untuk tetap mempergunakannya. Dari faktor itulah media Augmented Reality dapat menjadikan alternatif untuk mengabungkan media digital kedalam media cetak. Penggunaan media ini juga sangatlah cocok untuk mensimulasikan hal yang terkait dengan sains dan salah satunya yaitu pada cabang ilmu biologi yang mengangkat tentang sistem kerangka manusia dalam kasus ini pengguna nantinya akan melihat obyek diatas media cetak seolah-olah sebagai obyek nyata selain itu dapat dilihat di sudut pandang manapun. Dengan dibuatnya inovasi dengan mengoptimalisasi ensiklopedia cetak pada sistem kerangka manusia dengan menggunakan teknologi Augmented Reality diharapkan pengguna akan mendapatkan pengalaman menyenangkan, meningkatkan daya guna ensiklopedia dan mengefektifkan penerimaan informasi yang didapatkan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi Ensiklopedia, Ensiklopedia Kerangka Manusia, Augmented Reality Ensiklopedia. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:07 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 02:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/17557 |
Actions (login required)
View Item |