Khairunnisa, Rizki (2021) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN TELEKOMUNIKASI SELULER BY.U DI TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 17.11.1229 - Rizki Khairunnisa - Rizki Khairunnisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
Abstract
Penyedia layanan telekomunikasi seluler Indonesia mengalami evolusi seiring perkembangan teknologi seluler dari generasi pertama (1G) pada tahun 1984 hingga generasi masa sekarang (4G). Sistem pemasaran yang dilakukan oleh penyedia layanan telekomunikasi seluler pada era kini menggunakan sosial media sebagai strategi kampanye dan periklanan guna menjaring pelanggan baru. Layanan pelanggan secara daring melalui berbagai platform juga disediakan apabila terjadi permasalahan konsumen, salah satunya di Twitter. Melalui platform ini, pengguna layanan dapat memberikan tanggapan dan opininya yang bersifat positif atau negatif terhadap provider yang digunakannya sebagai tolok ukur kepuasan terhadap kinerja pelayanan. Analisis sentimen merupakan teknik untuk mengklasifikasikan data dokumen berupa teks ke dalam sentimen positif maupun negatif yang digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap suatu layanan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan proses text mining dengan data berupa teks tweet berbahasa Indonesia yang didapatkan melalui proses crawling di Twitter dengan topik penyedia layanan telekomunikasi seluler By.U menggunakan pemrosesan algoritma Support Vector Machine untuk mengklasifikasikan ke dalam dua kelas yaitu positif dan negatif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | analisis sentimen, text mining, support vector machine, grid search, sentiment analysis | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:08 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 03:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1733 |
Actions (login required)
View Item |