PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE STUDY KASUS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN ANWARUSSALAM DESA NITIKAN YOGYAKARTA

Setya, Bagus (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE STUDY KASUS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN ANWARUSSALAM DESA NITIKAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0326-Bagus Setya - Bagus Setya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0326-Bagus Setya - Bagus Setya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

Game edukasi sangatlah menarik dalam perkembangannya, beberapa kelebihan di dalam game edukasi dibandingkan dengan metode pembelajaran secara manual, salah satu kelebihan utama di dalam game edukasi ada pada visualisasi dari game tersebut sehingga dapat menampilkan permasalahan nyata atau yang sering terjadi. Beberapa contoh penerapan game edukasi tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Metode yang digunakan untuk penelitian perancangan dan pembuatan game edukasi ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Metode GDLC dapat memudahkan dalam pembuatan game di mana terdapat Initiation, Preproduction, Production, Testing, Beta Eksternal Testing dan Release Game. Game ini bisa digunakan sebagai media alternatif pembelajaran guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam mengubah cara belajar manual menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak, karena dalam game edukasi memiliki unsur tantangan, ketepatan, daya nalar dan etika.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugroho, Agung
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukasi, GDLC, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Animate, Educational Games
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:20
Last Modified: 12 Aug 2023 04:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item