Setya, Bagus (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE STUDY KASUS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN ANWARUSSALAM DESA NITIKAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (823kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0326-Bagus Setya - Bagus Setya.rar Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0326-Bagus Setya - Bagus Setya.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
Abstract
Game edukasi sangatlah menarik dalam perkembangannya, beberapa kelebihan di dalam game edukasi dibandingkan dengan metode pembelajaran secara manual, salah satu kelebihan utama di dalam game edukasi ada pada visualisasi dari game tersebut sehingga dapat menampilkan permasalahan nyata atau yang sering terjadi. Beberapa contoh penerapan game edukasi tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Metode yang digunakan untuk penelitian perancangan dan pembuatan game edukasi ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Metode GDLC dapat memudahkan dalam pembuatan game di mana terdapat Initiation, Preproduction, Production, Testing, Beta Eksternal Testing dan Release Game. Game ini bisa digunakan sebagai media alternatif pembelajaran guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam mengubah cara belajar manual menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak, karena dalam game edukasi memiliki unsur tantangan, ketepatan, daya nalar dan etika.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukasi, GDLC, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Animate, Educational Games | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 02:20 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
View Item |