PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Pradana, Ivan Latif (2021) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0090-Ivan Latif Pradana - Ivan Latif Pradana.rar
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0090-Ivan Latif Pradana - Ivan Latif Pradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Teknologi Augmented Reality saat ini terus berkembang dan banyak digunakan diberbagai bidang disekitar kita, salah satunya pada bidang pendidikan.Dibuatnya Augmented Reality ini untuk menunjang proses pembelajaran bagi para siswa kelas X A Jurusan Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi di SMKN 2 Depok Sleman dengan membahas materi tentang perangkat jaringan komputer khususnya Hardware dan Software dikarenakan terbatasnya alat yang ada pada laboratorium sistem jaringan dan juga para siswa masih menerapkan belajar mandiri dan tidak bisa menggunakan fasilitas laboratorium. Sehingga dibuatlah Augmented Reality sebagai alternatif media pembelajaran membahas mengenai perangkat jaringan komputer untuk menunjang proses pembelajaran bagi para siswa tersebut, selain menggunakan buku, modul dan media lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu (Research and Development) dengan tahapan penelitian meliputi Studi pendahuluan, Pembuatan perencanaan, Pengembangan awal produk, Validasi produk, Revisi produk, Uji coba pengguna, Penyempurnaan produk dan Pembuatan laporan.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Jaringan Komputer untuk Siswa SMKN 2 Depok Sleman, dengan rerata 27,7 dengan persentase 79% masuk pada kategori “Sangat Layak”. Kesimpulan yang didapat pada penelitian yaitu Augmented Reality "Sangat Layak" digunakan dalam proses pembelajaran perangkat jaringan komputer khususnya Hardware dan Software pada siswa SMKN 2 Depok Sleman.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Perangkat Jaringan Komputer, Marker Based Tracking, R&D (Research and Development, Learning Media, Computer Network Devices
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:05
Last Modified: 12 Aug 2023 04:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item