Pradana, Ivan Latif (2021) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0090-Ivan Latif Pradana - Ivan Latif Pradana.rar Restricted to Repository staff only Download (55MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0090-Ivan Latif Pradana - Ivan Latif Pradana.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
Abstract
Teknologi Augmented Reality saat ini terus berkembang dan banyak digunakan diberbagai bidang disekitar kita, salah satunya pada bidang pendidikan.Dibuatnya Augmented Reality ini untuk menunjang proses pembelajaran bagi para siswa kelas X A Jurusan Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi di SMKN 2 Depok Sleman dengan membahas materi tentang perangkat jaringan komputer khususnya Hardware dan Software dikarenakan terbatasnya alat yang ada pada laboratorium sistem jaringan dan juga para siswa masih menerapkan belajar mandiri dan tidak bisa menggunakan fasilitas laboratorium. Sehingga dibuatlah Augmented Reality sebagai alternatif media pembelajaran membahas mengenai perangkat jaringan komputer untuk menunjang proses pembelajaran bagi para siswa tersebut, selain menggunakan buku, modul dan media lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu (Research and Development) dengan tahapan penelitian meliputi Studi pendahuluan, Pembuatan perencanaan, Pengembangan awal produk, Validasi produk, Revisi produk, Uji coba pengguna, Penyempurnaan produk dan Pembuatan laporan.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Jaringan Komputer untuk Siswa SMKN 2 Depok Sleman, dengan rerata 27,7 dengan persentase 79% masuk pada kategori “Sangat Layak”. Kesimpulan yang didapat pada penelitian yaitu Augmented Reality "Sangat Layak" digunakan dalam proses pembelajaran perangkat jaringan komputer khususnya Hardware dan Software pada siswa SMKN 2 Depok Sleman.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Perangkat Jaringan Komputer, Marker Based Tracking, R&D (Research and Development, Learning Media, Computer Network Devices | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 02:05 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1692 |
Actions (login required)
View Item |