TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK BUKU PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN PADA ANAK USIA DINI SECARA VIRTUAL

Yudhastara, Brian (2012) TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK BUKU PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN PADA ANAK USIA DINI SECARA VIRTUAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.22.1369 Brian Yudhastara.zip
Restricted to Repository staff only

Download (104MB)

Abstract

Augmented Reality berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan pengembangan aplikasi ini di berbagai bidang termasuk perindustrian. Augmented Reality merupakan upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Sistem pembelajaran yang kurang menarik dan efektif akan susah di hafal dan di mengerti bagi anak usia dini. Sistem pembelajaran yang divisualisasikan menjadi 3d melalui media webcam. Sehingga akan kelihatan lebih menarik. Secara garis besar prosesnya adalah dengan pembacaan citra pada marker yang secara automatis akan dicapture oleh kamera , camera akan mendeteksi marker tersebut dan akan di bandingkan dengan gambar marker yang telah mejadi acuan. Kemudian bila marker di kenali maka akan di tampilkan obyek 3D pada layar monitor. Aplikasi yang dibuat dengan metode pendeteksian pola (marker detection) dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi yang nyata dan menarik (Augmented Reality) dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai contoh dalam media cetak yaitu Buku Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Buku Pengenalan Hewan, 3D, Marker Detection.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:39
Last Modified: 25 Sep 2023 03:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16582

Actions (login required)

View Item View Item