Jingga, Kenang Lahar (2013) MEMBANGUN CD INTERAKTIF PENGENALAN ULAR SEBAGAI MEDIA SOSILALISASI KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 (Studi Kasus : OXY Jogjakarta Reptile Community). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (738kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.21.0593 Kenang Lahar Jingga.zip Restricted to Repository staff only Download (117MB) |
Abstract
Selama ini manusia kebanyakan takut dengan reptil. Takut kadang timbul karena tidak kenal, karena tak kenal maka tak sayang. Akar takut inilah yang kerap membuat manusia bertindak kejam terhadap reptil. Dari hal itulah sekelompok pecinta reptil yang tergabung dalam OXY Jogjakarta Reptile Community tergugah untuk melakukan sesuatu. Mereka giat mengadakan sosialisasii pengenalan reptil dengan tujuan memberikan wawasan kepada masyarakat terutama mengenai ular. Mengenalkan reptil dan mengajarakan cara mengatasi apabila bertemu reptil di alam, penanggulangan pertama jika tergigit ular, sehingga menghilangkan asumsi bahwa reptil adalah binatang berbahaya. Reptil tidak akan membahayakan manusia jika manusia bisa menghargai dan tidak berusaha memusnahkannya. Dengan perkembangan teknologi dewasa ini yang semakin pesat, pengenalan reptil kepada masyarakat akan lebih menarik jika menggunakan multimedia sebagai sarana pendukungnya. Dengan penggunaan multimedia sebagai sarana edukasi pengenalan reptil, ada banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya adalah menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat berlangsungnya proses edukasi, misalnya tergigit ular berbisa. Hal tersebut bisa digantikan dengan slide berupa gambar. Manfaat lainnya adalah mengurangi tingkat stres hewan saat digunakan untuk sosialsi. Hasil dari analisis dan survey menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat belum banyak menerima pengetahuan tentang reptil sehingga banyak terjadi korban baik manusia itu sendiri maupun reptil yang dianggap sebagai ancaman. Dengan adanya media pengenalan reptil ini diharapkan masyarakat dapat menambah pengetahuanya tentang dunia reptil sekaligus menjaga kelastarian ekosistem.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Media Edukasi, Reptil, Ular | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 05:00 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 07:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15933 |
Actions (login required)
View Item |