PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GAME RAINBOW LAND BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: TK Dharma Wanita Bansari)

Dirgantara, Aprian (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GAME RAINBOW LAND BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: TK Dharma Wanita Bansari). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9004-Aprian Dirgantara - Aprian Dirgantara.zip
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9004-Aprian Dirgantara - Aprian Dirgantara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

Game adalah salah satu media teknologi yang populer di kalangan masyarakat saat ini dari usia anak-anak hingga usia dewasa game dapat dijadikan sebagai media hiburan dan media pembelajaran. Game sendiri memiliki banyak sekali genre atau jenisnya. Penelitian ini merancang game dengan genre puzzle sebagai media pembelajaran taman kanak-kanak (TK). Pengenalan hewan, buah, sayur dan warna adalah materi pembelajaran untuk siswa taman kanak-kanak Sebagaimana pelajaran pada umumnya masih disampaikan berbasis media cetak, sehingga terkadang proses belajar mengajar terkesan kurang interaktif serta kurang memberikan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa Salah satunya yaitu game puzzle, merupakan permainan susun gambar yang dapat meningkatkan daya kreatifitas dan ingatan yang mendalam bagi pemain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC) metode ini bertujuan sebagai panduan bagi pengembang dalam proses pengembangan aplikasi game. Dimana pada metode GDLC memiliki tahapan inisiasi, pre-produksi, produksi, pengujian (alpha dan beta) dan rilis. Hasil dari pembuatan game puzzle ini yaitu berupa aplikasi yang dapat dimainkan di smartphone berbasis android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Permainan puzzle, Android, GDLC, Media Pmebelajaran, Puzzle game, Learning Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:52
Last Modified: 14 Aug 2023 01:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item