Hermawan, Boyke Dika (2022) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK IPHONE MELALUI REVIEW DIGITAL INFLUENCER DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (917kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0925 Boyke Dika Hermawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
Abstract
Digital influencer di YouTube adalah sosok komunikator dalam sebuah konten yang membahas berbagai macam hal mulai dari edukasi, tutorial hingga me-review kekurangan dan kelebihan dari suatu produk. Digital influencer di YouTube yang kontennya berisi mengenai me-review suatu produk smartphone, dituntut harus mampu menyampaikan informasi seputar produk smartphone dengan baik sehingga mudah dipahami oleh khalayak penonton. Mengingat masyarakat yang kini sudah hidup di era digital dan menjadikan platform media sosial sebagai media untuk mencari informasi seputar produk smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam membeli produk iPhone melalui review digital influencer di YouTube, lalu faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam membeli produk iPhone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang berfokus pada pengungkapan eksplorasi pengalaman seseorang mengenai proses pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian. Subjek pada penelitian ini ialah mahasiswa Ilmu Komunikasi berjumlah 5 (lima) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 (empat) informan yang melalui lima tahapan proses keputusan pembelian yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Sedangkan seorang informan hanya melalui empat tahapan proses keputusan pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Proses Pengambilan Keputusan, Digital Influencer | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 06:17 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 04:04 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15709 |
Actions (login required)
View Item |