PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK IPHONE MELALUI REVIEW DIGITAL INFLUENCER DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta)

Hermawan, Boyke Dika (2022) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK IPHONE MELALUI REVIEW DIGITAL INFLUENCER DI YOUTUBE (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0925 Boyke Dika Hermawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Digital influencer di YouTube adalah sosok komunikator dalam sebuah konten yang membahas berbagai macam hal mulai dari edukasi, tutorial hingga me-review kekurangan dan kelebihan dari suatu produk. Digital influencer di YouTube yang kontennya berisi mengenai me-review suatu produk smartphone, dituntut harus mampu menyampaikan informasi seputar produk smartphone dengan baik sehingga mudah dipahami oleh khalayak penonton. Mengingat masyarakat yang kini sudah hidup di era digital dan menjadikan platform media sosial sebagai media untuk mencari informasi seputar produk smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam membeli produk iPhone melalui review digital influencer di YouTube, lalu faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam membeli produk iPhone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang berfokus pada pengungkapan eksplorasi pengalaman seseorang mengenai proses pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian. Subjek pada penelitian ini ialah mahasiswa Ilmu Komunikasi berjumlah 5 (lima) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 (empat) informan yang melalui lima tahapan proses keputusan pembelian yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Sedangkan seorang informan hanya melalui empat tahapan proses keputusan pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Proses Pengambilan Keputusan, Digital Influencer
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:17
Last Modified: 28 Jul 2023 04:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item View Item