Attaullah, Farras Ariq (2022) {SKEMA MAGANG} STRATEGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RADIO MQFM JOGJA DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (474kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
(Skema Magang) Publikasi 19.96.1049 Farras Ariq Attaullah.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi memicu persaingan antar media baru dengan media konvensional salah satunya yaitu radio. Stasiun radio bersaing dengan menghadirkan program-program yang mampu bersaing dengan media lain untuk menarik dan mempertahankan pendengarnya. Hadirnya media baru menjadi peluang bagi radio melakukan transformasi dengan konsep baru. Radio bukan lagi sekedar media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, namun kini radio telah memanfaatkan media sosial sebagai upaya untuk menarik minat pendengar. Menyajikan sebuah konten di media sosial memerlukan tampilan visual menarik dan atraktif, maka radio harus memperhatikan strategi desain komunikasi visual yang baik agar pesan yang disampaikan lebih mudah ditangkap, diolah, dan dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjawab bagaimana strategi desain komunikasi visual Radio MQFM Jogja dalam memanfaatkan media sosial untuk menarik minat pendengar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori media baru mark poster. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi desain komunikasi visual Radio MQFM Jogja dalam menarik partisipasi pendengar, yaitu dengan mengenal khalayak, menyusun pesan visual, menetapkan metode pesan visual, dan pemilihan media. Kemudian didukung dengan elemen komponen desain visual yang terkonsep dengan baik yaitu tipografi, ilustrasi, warna, dan layout. Transformasi media baru yang dilakukan memunculkan karakter yang semakin interaktif dan membentuk komunitas sehingga mampu meningkatkan pendengar Radio MQFM Jogja.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Radio, Desain Komunikasi Visual, Media Baru, Minat Pendengar | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:35 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15682 |
Actions (login required)
View Item |