{SKEMA MAGANG} STRATEGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RADIO MQFM JOGJA DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR

Attaullah, Farras Ariq (2022) {SKEMA MAGANG} STRATEGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RADIO MQFM JOGJA DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
(Skema Magang) Publikasi 19.96.1049 Farras Ariq Attaullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memicu persaingan antar media baru dengan media konvensional salah satunya yaitu radio. Stasiun radio bersaing dengan menghadirkan program-program yang mampu bersaing dengan media lain untuk menarik dan mempertahankan pendengarnya. Hadirnya media baru menjadi peluang bagi radio melakukan transformasi dengan konsep baru. Radio bukan lagi sekedar media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, namun kini radio telah memanfaatkan media sosial sebagai upaya untuk menarik minat pendengar. Menyajikan sebuah konten di media sosial memerlukan tampilan visual menarik dan atraktif, maka radio harus memperhatikan strategi desain komunikasi visual yang baik agar pesan yang disampaikan lebih mudah ditangkap, diolah, dan dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjawab bagaimana strategi desain komunikasi visual Radio MQFM Jogja dalam memanfaatkan media sosial untuk menarik minat pendengar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori media baru mark poster. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi desain komunikasi visual Radio MQFM Jogja dalam menarik partisipasi pendengar, yaitu dengan mengenal khalayak, menyusun pesan visual, menetapkan metode pesan visual, dan pemilihan media. Kemudian didukung dengan elemen komponen desain visual yang terkonsep dengan baik yaitu tipografi, ilustrasi, warna, dan layout. Transformasi media baru yang dilakukan memunculkan karakter yang semakin interaktif dan membentuk komunitas sehingga mampu meningkatkan pendengar Radio MQFM Jogja.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Radio, Desain Komunikasi Visual, Media Baru, Minat Pendengar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:35
Last Modified: 28 Jul 2023 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15682

Actions (login required)

View Item View Item