Firliawan, Doni (2022) IMPLEMENTASI 3D AUGMENTED REALITY UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Studi Kasus: SD Negeri 20 Sitiung. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.12.0350 Doni Firliawan.rar Restricted to Repository staff only Download (517MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.12.0350 Doni Firliawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality pada mata pelajaran IPA pokok bahasan mengenai sistem tata surya untuk mendukung pembelajaran pada siswa kelas VI sekolah dasar. Pada saat penelitian ditemukan bahwa media pembelajaran masih menggunakan buku dan guru akan menjelaskan pembelajaran dengan cara menggambar sistem tata surya di papan tulis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang di dalamnya memiliki beberapa tahap pengembangan yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI/A SD Negeri 20 Sitiung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Wawancara, Studi Pustaka dan Metode Observasi. Teknik analisis kebutuhan sistem menggunakan teknik analisis kebutuhan Fungsional dan kebutuhan non fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menunjukan hasil yang memuaskan dalam kategori sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase dalam perhitungan aspek multimedia yang mecapai angka (94%). Hasil perhitungan dalam aspek materi yang mencapai angka (90%). Hasil perhitungan dalam aspek Pemahaman materi yang mencapai angka (88%). Keterbatasan yang ditemui dilapangan adalah hanya android versi Lollipop dan setelahnya yang dapat menjalankan aplikasi ini, dan peneliti menyarankan agar smartphone terkoneksi dengan internet agar pengguna mendapatkan pengalaman penggunaan aplikasi secara maksimal. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka diharapkan guru dapat terbantu dengan adanya aplikasi pembelajaran augmented reality ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, media pembelajaran, tata surya, aplikasi, pengembangan. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 03:48 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15654 |
Actions (login required)
View Item |