EFEKTIFITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI MERTANPURWOSARI MAGELANG

Wulandari, Vivi (2021) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DI MERTANPURWOSARI MAGELANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

Google Classroom merupakan aplikasi yang di gunakan untuk pembelajaran secara online. Di masa pandemi saat ini Indonesia memutuskan untuk melakukan pembelajaran secara online yang salah satunya menggunakan Google Classroom. Hal tersebut dilakukan guna memutuskan mata rantai penyebaraan virus corona. Google Classroom diharapkan dapat membantu anakanak menjadi lebih mudah dalam proses belajar daring selama pandemi berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana efektivitas penggunaan Google Classroom dalam meningkatkan aktivitas belajar anak di Mertan Purwosari Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik. artinya penelitian ini dideskripsikan serta dianalisa guna menemukan jawaban dari dari rumusan masalah yang dipaparkan oleh peneliti. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data yang lebih pada kualitas bukan kuantitas data. Selain itu jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sifatnya penelitian lapangan (Field Reeseach). Selain itu, penelitian ini menyajikan pandangan subjek yang diteliti tentang apa yang dialami subjek dalam kehidupan sehari-hari terutama kehidupan dalam proses belajar daring di masa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian efektifitas penggunaan Google Classroom dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa SMP di Mertan Purwosari Magelang. Penggunaan Google Classroom sangat efektif dalam menunjang pembelajaran. Mulai dari fitur pengiriman tugas yang mudah dan gampang. Kemudian fitur pemberitahuan, dari fitur ini seorang siswa tidak akan ketinggalan informasi mengenai tugas maupun pengumuman lainya dari guru kita. Yang terakhir aplikasi yang simple, gratis bagi semua orang dan juga lengkap membuat pemula bisa menggunakanya dengan mudah dan praktis. Kendala yang di hadapi semua siswa yaitu harus ada ekstra kuota sampai 30GB perbulan sehingga mereka tidak perlu meminta uang tambahan dari orang tua mereka untuk membeli kuota lebih agar mereka tetap bisa melakukan pembelajaran secara daring melalui Google Classroom.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saidah, Zahrotus
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Efektifitas, Google Classroom, Belajar Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:38
Last Modified: 14 Aug 2023 04:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item