Gunawan, Agustinus Tri (2010) PENERAPAN ALGORITMA BACKTRACKING DAN ELIMINATION UNTUK MEMBANGUN GENERATOR DAN SOLVER DALAM MENYELESAIKAN PERMAINAN SUDOKU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 04.11.0475 Agustinus Tri Gunawan.zip Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
Abstract
Ada berbagai macam permainan teka-teki, salah satunya adalah Sudoku yang berasal dari Jepang. Secara umum, Sudoku merupakan permainan dalam bentuk tabel yang berukuran 9x9. Dalam Sudoku yang berukuran 9x9 terdapat sembilan kelompok/blok yang berukuran 3x3. Tujuan permainan Sudoku adalah untuk mengisi setiap sel tabel yang masih kosong dengan angka-angka, sedemikian sehingga dalam satu blok hanya terdiri atas angka 1-9 yang tidak berulang dan tidak ada angka yang berulang dalam satu baris maupun kolom. Sudoku terdiri dari dua bagian penting yaitu generator dan solver. Generator berfungsi untuk menciptakan soal yang akan dimainkan oleh pemain. Solver digunakan untuk menjawab soal yang telah dibuat oleh generator secara otomatis. Terdapat beberapa algoritma untuk membangun generator dan solver. Pada kesempatan ini algoritma yang digunakan ialah algoritma backtracking (runut-balik) dan elimination (eliminasi) untuk menyelesaikan permainan ini. Pada algoritma backtracking, pencarian solusi lebih difosukan pada pencarian yang mengarah ke solusi saja dengan mengabaikan kemungkinan solusi lain yang tidak mengarah ke solusi. Dengan hal ini pencarian yang dilakukan pada algortima backtracking akan lebih cepat. Berkaitan dengan kedua bagian penting didalam permainan Sudoku, terdapat beberapa pertanyaan yang menarik : Menerapkan konsep kecerdasan buatan didalam proses Generate dan Solve dengan menggunakan algoritma backtracking dan elimination? Bagaimana menciptakan algoritma untuk generator dan solver yang cepat dan akurat? Pada kesempatan ini, penulis mencoba untuk menganalisis pokok-pokok bahasan tersebut dan hasilnya ditujukan untuk memberikan saran kepada peneliti berikutnya dalam mengembangkan generator dan solver yang lebih baik, cepat dan akurat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sudoku, Backtracking, Elimination, Generator, Solver | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 04:18 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15241 |
Actions (login required)
View Item |