PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GAME ANGKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SD NEGERI 2 BONYOKAN

Wismasari, Ayu Novita (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GAME ANGKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SD NEGERI 2 BONYOKAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-19.21.1336-Ayu Novita Wismasari.rar
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-19.21.1336-Ayu Novita Wismasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat saat ini memberikan pengaruh yang kuat pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Metode pembelajaran yang menerapkan teknologi IT menjadi pilihan agar proses pembelajaran lebih menarik dengan menggabungkan teknologi video game berbasis Android dengan buku-buku pendidikan. Bertujuan menciptakan suasana mengajar dan belajar agar lebih interaktif, menarik dan menyenangkan. Karena kehadiran fitur 2D (dua dimensi) dari objek yang berkaitan dengan materi. Media pembelajaran ini bertujuan untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Memaksimalkan metode pembelajaran baru yang lebih efektif daripada menerapkan metode pembelajaran sebelumnya. Membuat ikatan dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa dan juga antara orang tua dan anak-anak lebih harmonis. Pada lembaga SD N 2 Bonyokan dalam penyampaian materi tentang alfabet dan angka kepada anak-anak, proses pengajaran yang diajarkan masih konvensional, artinya hanya hadir dalam bentuk buku-buku tematik sehingga membuat anak kurang antusias dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan media edukasi yang dikemas dengan media game untuk menarik perhatian anak-anak. Dengan game edukasi ini diharapkan dapat membantu guru SD dalam proses pembelajaran sehingga lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Seniwati, Erni
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Permainan, Efektif, Indonesia, Pembelajaran, Education, Game, Effective, Learning
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:58
Last Modified: 12 Aug 2023 02:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item