Widiyantara, Eka (2011) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN SENI DAN BUDAYA INDONESIA PADA SD NEGERI BLUMBANG BANJARARUM KALIBAWANG KULON PROGO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.11.1195 Eka Widiyantara.zip Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keanekaragaman budaya yang sangat menarik dan unik, namun sayangnya banyak dari generasi penerus ini negara kurang mengenal keragaman budaya bahkan kurang peduli terhadap diri sendiri acuh tak acuh yang diklaim oleh negara lain sebagai budaya mereka sangat gelisah. Salah satu alasannya mungkin karena budaya Indonesia saat ini diperkenalkan hanya melalui membaca buku sehingga kurang menarik untuk itu studi. Sedangkan kualitas buku tentang pengenalan nasional yang baik budaya belum tentu menarik minat anak untuk membaca. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu sistem yang berbasis multimedia terkomputerisasi. Dengan diperkenalkannya multimedia seni dan budaya Indonesia akan lebih menarik, interaktif dan praktis. Pada kesempatan kali ini penulis mengambil objek tentang pengenalan Seni Budaya Indonesia yang diajarkan di anak SD Blumbang Banjararum Kalibawang Kulon Progo yang biasanya dikemas dalam buku-buku yang dulunya merupakan pelajaran dan penyebab yang membosankan kejenuhan. Hal ini mendorong perlunya perbaikan dalam hal cara memperkenalkan seni dan budaya Indonesia. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk membuat sebuah aplikasi pada “Analisis dan Perancangan Pengenalan Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Media Seni dan Budaya Indonesia" Dengan adanya aplikasi ini dibuat masyarakat indonesia khususnya adalah diharapkan sebagai generasi penerus siswa berharap bangsa dapat lebih mengenal dan mencintai keragaman budaya yang unik dan menarik, sehingga akan timbul rasa memiliki dan mampu menjaga dan melestarikan budaya bertanggung jawab bangsa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Media, Pengantar Multimedia, Seni Indonesia Dan Budaya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:48 | ||
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14897 |
Actions (login required)
View Item |