PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN SENI DAN BUDAYA INDONESIA PADA SD NEGERI BLUMBANG BANJARARUM KALIBAWANG KULON PROGO

Widiyantara, Eka (2011) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN SENI DAN BUDAYA INDONESIA PADA SD NEGERI BLUMBANG BANJARARUM KALIBAWANG KULON PROGO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.11.1195 Eka Widiyantara.zip
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keanekaragaman budaya yang sangat menarik dan unik, namun sayangnya banyak dari generasi penerus ini negara kurang mengenal keragaman budaya bahkan kurang peduli terhadap diri sendiri acuh tak acuh yang diklaim oleh negara lain sebagai budaya mereka sangat gelisah. Salah satu alasannya mungkin karena budaya Indonesia saat ini diperkenalkan hanya melalui membaca buku sehingga kurang menarik untuk itu studi. Sedangkan kualitas buku tentang pengenalan nasional yang baik budaya belum tentu menarik minat anak untuk membaca. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu sistem yang berbasis multimedia terkomputerisasi. Dengan diperkenalkannya multimedia seni dan budaya Indonesia akan lebih menarik, interaktif dan praktis. Pada kesempatan kali ini penulis mengambil objek tentang pengenalan Seni Budaya Indonesia yang diajarkan di anak SD Blumbang Banjararum Kalibawang Kulon Progo yang biasanya dikemas dalam buku-buku yang dulunya merupakan pelajaran dan penyebab yang membosankan kejenuhan. Hal ini mendorong perlunya perbaikan dalam hal cara memperkenalkan seni dan budaya Indonesia. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk membuat sebuah aplikasi pada “Analisis dan Perancangan Pengenalan Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Media Seni dan Budaya Indonesia" Dengan adanya aplikasi ini dibuat masyarakat indonesia khususnya adalah diharapkan sebagai generasi penerus siswa berharap bangsa dapat lebih mengenal dan mencintai keragaman budaya yang unik dan menarik, sehingga akan timbul rasa memiliki dan mampu menjaga dan melestarikan budaya bertanggung jawab bangsa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Media, Pengantar Multimedia, Seni Indonesia Dan Budaya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:48
Last Modified: 26 Oct 2023 01:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item