Satria, Bagus Galih (2011) PERANCANGAN ANIMASI 3D "CUMA MIMPI" MENGGUNAKAN PEMODELAN HIGH POLY PADA ZBRUSH 3.5R3 DAN 3DS MAX 2009. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 06.11.1090 Bagus Galih Satria.zip Restricted to Repository staff only Download (425MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi komputer memberikan perubahan yang sangat besar dalam pemodelan animasi 3D, terbukti dengan munculnya software-software pemodelan 3D yang memberikan kemudahan-kemudahan pada seniman-seniman 3D dalam berkarya. Pemodelan merupakan bagian inti dari industri pembuatan film animasi dan yang paling banyak memakan waktu, maka diperlukanlah sebuah metode untuk mempercepat proses pengerjaan tahap modeling yang tentunya akan menghemat biaya produksi, karena jika proses modeling saja membutuhkan waktu yang lama, maka proses produksi yang lainpun akan ikut terhambat. Saat ini proses modeling dengan seni pahatan digital atau biasa disebut digital sculpting sangat populer. Zbrush, merupakan salah satu software digital sculpting yang telah merevolusi industri 3D dunia. Dengan kemampuan pemodelan jutaan polygon atau biasa disebut "High Poly Modeling" yang tentunya akan sangat sulit ditangani jika hanya menggunakan software 3D seperti 3Ds Max, Maya, dan lainnya karena pemodelan jutaan poly terkadang menyebabkan lag pada softwaresoftware tersebut. Pada perancangan proyek skripsi ini berkonsep pada teknik animasi 3 dimensi yaitu teknik pemodelan High Poly, teknik ini menggunakan objek dengan jumlah poly yang sangat besar untuk membuat detail yang lebih kompleks pada objek 3D. Teknik ini dilakukan pada Zbrush yang memang khusus dirancang untuk menghandle objek dengan jumlah poly yang besar dan juga meng-integrasikannya dengan 3Ds Max dalam penganimasiaannya, dan memanfaatkan keunggulan dari masing-masing software tersebut untuk menyelesaikan sebuah animasi 3 dimensi yang berjudul "Cuma Mimpi".
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Zbrush, 3Ds Max, High Poly | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:34 | ||
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14888 |
Actions (login required)
View Item |