IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBYEK WISATA CANDI PRAMBANAN DENGAN MENGGUNAKAN STAND-UP COMPUTER DESK

Prakoso, Ryan Yuli (2013) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBYEK WISATA CANDI PRAMBANAN DENGAN MENGGUNAKAN STAND-UP COMPUTER DESK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 09.11.2638 Ryan Yuli Prakoso.zip
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)

Abstract

Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus sebagai salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Candi Prambanan memiliki pesona keindahan tersendiri karena tata letaknya yang menakjubkan, untuk itu Candi Prambanan merupakan obyek wisata andalan. Sudah banyak promosi yang dilakukan melalui berbagai media seperti brosur, iklan televisi, internet dan sebagainya guna menarik turis untuk datang. Namun dibutuhkan suatu terobosan baru dalam mempromosikan obyek wisata ini agar semakin banyak lagi turis ke Candi Prambanan. Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini sudah semakin pesat. Semakin banyak teknologi-teknologi canggih bermunculan, maka secara tidak langsung menjadikan manusia yang kreatif, inovatif, dan berkembang. Augmented Reality (AR) adalah penggabungan benda-benda yang ada di dunia maya ke dalam dunia nyata dalam bentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi. Penggabungan ini kemudian dimaksimalkan sehingga pengguna bisa melihat secara langsung objek tersebut. Penerapan Augmented Reality sebagai media promosi bisa dilakukan pada saat pameran atau workshop yang dilaksanakan di dalam ataupun di luar negeri. Dengan menggunakan stand-up computer desk yang dirancang khusus untuk menampilakan AR. Pengguna cukup menghadapkan marker didepan webcam, kemudian bila marker dikenali maka akan menampilkan obyek 3D. Dengan menambahkan teknologi Augmented Reality maka dapat digunakan sebagai salah satu media promosi yang efektif dan diharapkan dapat menambah daya tarik turis untuk lebih mengenal Candi Prambanan dan datang langsung mengunjungi tempat wisata tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Candi Prambanan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:35
Last Modified: 10 Nov 2023 04:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item