PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK KATALOG PRODUK FURNITURE PADA TOKO ANDALAS JAYA

Priyambudi, Rizkianto Hendrawan (2013) PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK KATALOG PRODUK FURNITURE PADA TOKO ANDALAS JAYA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.01.2631 Rizkianto Hendrawan Priyambud.zip
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pertumbuhan teknologi yang kian pesat di era modern seperti ini, membuat fungsi dari teknologi itu sendiri semakin luas dan beragam. Salah satunya pemanfaatan teknologi sebagai media promosi dalam pemasaran suatu produk. Akan tetapi pemanfaatan teknologi tersebut belum merambah ke dalam usaha kecil dan menengah. Para pelaku usaha belum menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi dalam media promosi untuk usaha mereka. Padahal peranan teknologi dalam media promosi bisa menjadikan usaha tersebut lebih maju dan memiliki media promosi yang berbeda dengan kompetitor lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian sekaligus menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai teknologi penunjang media promosi usaha tersebut melalui media katalog produk furniture. Dengan menampilkan objek 3D pada marker melalui pencitraan virtual, maka konsumen akan semakin mengerti secara lebih detail mengenai produk furniture yang sedang ditawarkan oleh toko Andalas Jaya. Katalog ini nantinya akan menggantikan posisi dari model katalog yang lama sekaligus sebagai strategi dalam ekspansi pasar dan menarik minat konsumen melalui media promosi yang lebih interaktif. Dari serangkaian penelitian dan implementasi dalam katalog berteknologi Augmented Reality tersebut, maka penyampaian informasi tentang produk furniture kepada konsumen menjadi komunikatif dan lebih kreatif dibandingkan kompetitor. Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan bantuan software Google SketchUp Pro 8 untuk membuat model 3D, software library ARToolKit untuk membangun Augmented Reality, dan Adobe Photoshop CS3 dalam penyempurnaan desain katalog.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Media Promosi, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:41
Last Modified: 23 Nov 2023 06:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item View Item