Priyambudi, Rizkianto Hendrawan (2013) PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK KATALOG PRODUK FURNITURE PADA TOKO ANDALAS JAYA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (102kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.01.2631 Rizkianto Hendrawan Priyambud.zip Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Pertumbuhan teknologi yang kian pesat di era modern seperti ini, membuat fungsi dari teknologi itu sendiri semakin luas dan beragam. Salah satunya pemanfaatan teknologi sebagai media promosi dalam pemasaran suatu produk. Akan tetapi pemanfaatan teknologi tersebut belum merambah ke dalam usaha kecil dan menengah. Para pelaku usaha belum menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi dalam media promosi untuk usaha mereka. Padahal peranan teknologi dalam media promosi bisa menjadikan usaha tersebut lebih maju dan memiliki media promosi yang berbeda dengan kompetitor lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian sekaligus menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai teknologi penunjang media promosi usaha tersebut melalui media katalog produk furniture. Dengan menampilkan objek 3D pada marker melalui pencitraan virtual, maka konsumen akan semakin mengerti secara lebih detail mengenai produk furniture yang sedang ditawarkan oleh toko Andalas Jaya. Katalog ini nantinya akan menggantikan posisi dari model katalog yang lama sekaligus sebagai strategi dalam ekspansi pasar dan menarik minat konsumen melalui media promosi yang lebih interaktif. Dari serangkaian penelitian dan implementasi dalam katalog berteknologi Augmented Reality tersebut, maka penyampaian informasi tentang produk furniture kepada konsumen menjadi komunikatif dan lebih kreatif dibandingkan kompetitor. Dalam penelitian ini, peniliti menggunakan bantuan software Google SketchUp Pro 8 untuk membuat model 3D, software library ARToolKit untuk membangun Augmented Reality, dan Adobe Photoshop CS3 dalam penyempurnaan desain katalog.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Media Promosi, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:41 | ||
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14786 |
Actions (login required)
View Item |