PEMBUATAN ANIMASI 2D “BAD DAY” DENGAN TEKNIK GERAK MULUT MENGGUNAKAN SOFTWARE TOON BOOM STUDIO 5

Arifin, Usman (2012) PEMBUATAN ANIMASI 2D “BAD DAY” DENGAN TEKNIK GERAK MULUT MENGGUNAKAN SOFTWARE TOON BOOM STUDIO 5. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (16MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.11.1177 Usman Arifin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (148MB)

Abstract

Dunia film kartun memang tidak pernah berakhir karena banyak perusahaan film kartun yang masih antusias dalam mengembangkan. Khususnya di Indonesia, perkembangan animasi memang cukup menyenangkan. Sehingga film animasi banyak ditemukan dari bermacam kalangan. Akan tetapi secara garis besar, film kartun didominasi oleh dua negara yaitu Amerika dan Jepang. Walaupun film kartun itu hanya salah satu teknik untuk mengungkapkan sebuah tujuan atau ekspresi, gaya membuat gambar kartun hingga alur cerita dari kedua negara tersebut sangat berbeda. Perbedaan yang menarik selain gaya gambar adalah pada gerak mulut atau lip-sync. Pada anime (animasi gaya Jepang ), perubahan gerak mulut hanya pada gerak open(terbuka ), semi open(terbuka setengah) dan close (tertutup). Namun, dialog pada kartun gaya Amerika memiliki beberapa aturan standar mengenai vokal (vowels) dan konsonan (consonant). Selama ini produksi film kartun lokal masih menekankan karakter animasi pada ekspresi wajah saja, tidak termasuk gerak bibir yang mengikuti. Sedangkan ekspresi karakter dan gerak bibir (lip-sync) saat berbicara dapat membuat karakter tampak lebih natural. Untuk menghasilkan karya kartun yang menarik dan dapat dinikmati sebagai karya yang baik, maka dibutuhkan panduan dan manajemen produksi pembuatan kartun yang baik agar lebih menarik untuk dilihat baik dari teknik pembuatan maupun alur cerita yang disajikan. Dengan meninjau berbagai hal tersebut diatas, penulis mengambil topik dengan judul “ Pembuatan Animsi 2D ‘Bad Day’ dengan Teknik Gerak Mulut Menggunakan Software Toon Boom Studio 5”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Kartun 2D, Kartun Gaya Amerika, Kartun Gaya Jepang, Teknik Gerak Mulut, Lip-Sync Toonboom
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:39
Last Modified: 11 Oct 2023 03:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14573

Actions (login required)

View Item View Item