Arifin, Usman (2012) PEMBUATAN ANIMASI 2D “BAD DAY” DENGAN TEKNIK GERAK MULUT MENGGUNAKAN SOFTWARE TOON BOOM STUDIO 5. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (16MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (59kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.11.1177 Usman Arifin.zip Restricted to Repository staff only Download (148MB) |
Abstract
Dunia film kartun memang tidak pernah berakhir karena banyak perusahaan film kartun yang masih antusias dalam mengembangkan. Khususnya di Indonesia, perkembangan animasi memang cukup menyenangkan. Sehingga film animasi banyak ditemukan dari bermacam kalangan. Akan tetapi secara garis besar, film kartun didominasi oleh dua negara yaitu Amerika dan Jepang. Walaupun film kartun itu hanya salah satu teknik untuk mengungkapkan sebuah tujuan atau ekspresi, gaya membuat gambar kartun hingga alur cerita dari kedua negara tersebut sangat berbeda. Perbedaan yang menarik selain gaya gambar adalah pada gerak mulut atau lip-sync. Pada anime (animasi gaya Jepang ), perubahan gerak mulut hanya pada gerak open(terbuka ), semi open(terbuka setengah) dan close (tertutup). Namun, dialog pada kartun gaya Amerika memiliki beberapa aturan standar mengenai vokal (vowels) dan konsonan (consonant). Selama ini produksi film kartun lokal masih menekankan karakter animasi pada ekspresi wajah saja, tidak termasuk gerak bibir yang mengikuti. Sedangkan ekspresi karakter dan gerak bibir (lip-sync) saat berbicara dapat membuat karakter tampak lebih natural. Untuk menghasilkan karya kartun yang menarik dan dapat dinikmati sebagai karya yang baik, maka dibutuhkan panduan dan manajemen produksi pembuatan kartun yang baik agar lebih menarik untuk dilihat baik dari teknik pembuatan maupun alur cerita yang disajikan. Dengan meninjau berbagai hal tersebut diatas, penulis mengambil topik dengan judul “ Pembuatan Animsi 2D ‘Bad Day’ dengan Teknik Gerak Mulut Menggunakan Software Toon Boom Studio 5”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kartun 2D, Kartun Gaya Amerika, Kartun Gaya Jepang, Teknik Gerak Mulut, Lip-Sync Toonboom | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Jan 2023 06:39 | ||
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14573 |
Actions (login required)
View Item |