Ayyubi, Gilang Rafly (2021) PENGGUNAAN TEKNIK ROTOSCOPING DAN INBETWEEN DALAM PEMBUATAN ANIMASI 2 DIMENSI BERMAIN BASKET. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (624kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (145kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Video (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0094-Gilang Rafly.mp4 Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0094-Gilang Rafly.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
Abstract
Animasi dinilai mampu memberikan keunikan dan keindahan yang lebih dibanding dengan media non animasi visual lainnya. Berdasarkan teknik-teknik perancangan animasi yang terus berkembang, penulis menggunakan teknik rotoscoping dan inbetween agar dapat membuat animasi dengan mudah karena tidak membutuhkan keahlian menggambar karakter dan background, serta software yang digunakan juga tidak memerlukan hardware dengan spesifikasi yang mumpuni. Hal ini yang mendasari tercetusnya ide untuk membuat animasi bermain basket dengan menjiplak dari potongan video yang sudah diedit menjadi satu sebagai objek. Penelitian ini menerapkan teknik animasi 2 dimensi rotoscope dan inbetween dalam pembuatan animasi bermain basket. Menggunakan metode pengumpulan data (observasi, studi pustaka dan kuesioner), analisis deskriptif kualitatif, metode pembuatan animasi (pra produksi, produksi dan pasca produksi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik rotoscope frame by frame dengan menyesuaikan antara pengaturan fps pada aplikasi Adobe Photoshop dan fps pada video menjadi 24fps yang mana nantinya akan tersedia 24 gambar dalam durasi 1 detik video. Sementara teknik inbetween menggunakan aturan 12fps, 24fps hingga 30fps yang mana konsep inbetween ini bisa digabungkan dengan rotoscope untuk menghasilkan gerakan animasi yang halus.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Rotoscope, Inbetween, Animation | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:17 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 02:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1443 |
Actions (login required)
View Item |