REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA IKLAN KECAP ABC VERSI "SUAMI SEJATI MAU MASAK”

Handayani, Anisah Tri (2021) REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA IKLAN KECAP ABC VERSI "SUAMI SEJATI MAU MASAK”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0092-Anisah Tri Handayani - Anisah Tri Handayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) Bagaimana representasi kesetaraan gender yang terjadi pada iklan kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak” (2) Apa pesan yang terkandung dalam iklan kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dengan teori representasi (2) Untuk mengetahui pesan yang terkandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis semiotika Roland Barthes, dimana terdapat tiga tahapan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengambilan data melalui dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis semiotika Roland Barthes dengan objek penelitian adalah iklan kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Beban pekerjaan perempuan adalah ketidakseimbangan gender (2) Kesetaraan gender adalah suami sejati mau masak (3) Suami mengurangi beban istri adalah penyempurnaan gender. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pesan yang terkandung dalam penelitian ini yaitu mengajak masyarakat untuk menyetarakan gender antara perempuan dan laki – laki dalam pasangan suami istri, dimana perempuan bisa mengurus pekerjaan rumah hingga bekerja dan laki – laki bisa bekerja hingga membantu mengurus pekerjaan rumah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Asrita, Stara
Uncontrolled Keywords: Iklan, Kesetaraan Gender, Representasi, Semiotika Roland Barthes, Suami-Istri
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan > 04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:08
Last Modified: 12 Aug 2023 04:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item