Handayani, Anisah Tri (2021) REPRESENTASI KESETARAAN GENDER PADA IKLAN KECAP ABC VERSI "SUAMI SEJATI MAU MASAK”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (667kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0092-Anisah Tri Handayani - Anisah Tri Handayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
Abstract
Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) Bagaimana representasi kesetaraan gender yang terjadi pada iklan kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak” (2) Apa pesan yang terkandung dalam iklan kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dengan teori representasi (2) Untuk mengetahui pesan yang terkandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis semiotika Roland Barthes, dimana terdapat tiga tahapan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengambilan data melalui dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis semiotika Roland Barthes dengan objek penelitian adalah iklan kecap ABC versi “Suami Sejati Mau Masak”. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Beban pekerjaan perempuan adalah ketidakseimbangan gender (2) Kesetaraan gender adalah suami sejati mau masak (3) Suami mengurangi beban istri adalah penyempurnaan gender. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pesan yang terkandung dalam penelitian ini yaitu mengajak masyarakat untuk menyetarakan gender antara perempuan dan laki – laki dalam pasangan suami istri, dimana perempuan bisa mengurus pekerjaan rumah hingga bekerja dan laki – laki bisa bekerja hingga membantu mengurus pekerjaan rumah.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Kesetaraan Gender, Representasi, Semiotika Roland Barthes, Suami-Istri | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan > 04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:08 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1406 |
Actions (login required)
View Item |