Kurniawan, Dendy (2021) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY TENTANG SIMBOL RAMBU BAHAYA (K3) KEPADA PAGUYUBAN PEDULI DESA MASYARAKAT DESA NENGAHAN (Studi Kasus: Organisasi Paguyuban Peduli Desa Desa Nengahan). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (688kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Code-16.12.9044-Dendy Kurniawan.rar Restricted to Repository staff only Download (249MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9044-Dendy Kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
Abstract
Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan antara dunia virtual buatan komputer dengan dunia nyata. Teknologi ini dapat memproyeksikan objek visual dalam bentuk 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata. Teknologi augmented reality merupakan teknologi terobosan terbaru yang dapat mempermudah interaki antara manusia dengan komputer. Inovasi dalam teknologi ini sangat beragam salah satunya yaitu pemanfaatan augmented reality sebagai media pendukung aktivitas dalam kehidupan nyata. Pengenalan rambu bahaya K3 adalah materi pembelajaran untuk masyarakat pekerja proyek kontruksi bangunan. Sebagaimana pengenalan yang diberikan oleh mandor pada umumnya masih disampaikan berbasis media cetak, sehingga terkadang proses penyuluhan terkesan kurang interaktif serta kurang memberikan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu mayarakat dalam mengenal rambu bahaya dengan metode baru. Aplikasi augmented reality ini nantinya akan menghasilkan output berupa gambar 3 dimensi rambu-rambu bahaya yang ada dalam bagian keamanan keselamatan kerja disertai dengan dekskripsi yang ada pada marker dari simbol tersebut. Aplikasi ini dirancang menggunakan platform android dengan menggunakan smartphone sebagai media visualisasi dalam pelacakan marker. Aplikasi yang sudah jadi dapat berfungsi sebagai media penyuluhan masyarakan calon pekerja yang dapat membantu mentor dan calon tenaga kerja dalam kegiatan penyuluhan keamanan dan keselamatan kerja.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, rambu bahaya kerja, media pembelajaran, work hazard signs, learning media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2022 01:59 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 02:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1403 |
Actions (login required)
View Item |