Wirabumi, Alexander Agung (2022) MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DENGAN UNITY DAN VUFORIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (30kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.12.0725 Alexander Agung Wirabumi.rar Restricted to Repository staff only Download (1GB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.12.0725 Alexander Agung Wirabumi.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) adalah sebuah aplikasi yang merupakan gagasan alias ide baru dari teknologi yang berhubungan dengan multimedia. Aplikasi ini merupakan penggabungan benda-benda yang nyata dan maya yang berada di lingkungan nyata dalam waktu nyata dan serta terintegrasi dengan baik dan jelas. Tentunya Augmented Reality dengan bantuan Unity dan Vuforia, dapat memberikan sebuah kelebihan dalam interaksi antara manusia dan device yang digunakan melalui objek yang menarik dan menyerupai benda yang terlihat seperti nyata dalam bentuk 3D, maka sehingga hasil yang dibuat dengan AR ini terlihat jelas dan juga real-time. Multimedia merupakan suatu wadah penyatuan beberapa media menjadi satu kesatuan. Oleh karena itu, multimedia dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan bersaing yang dapat memberikan gambaran bagaimana multimedia dalam aplikasi sebagai alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Menurut Rosch (1996), multimedia merupakan sebuah kombinasi antara gambar dan video. Dalam bahasa umumnya menurut McCormick (1996), merupakan gabungan dari tiga elemen yang diantaranya ada suara, gambar, dan juga teks. Pada abad 21 ini, multimedia bukan hanya dijadikan sebagai persaingan perusahan, namun dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat dipelajari oleh Masyarakat, karena menjadi dasar yang sama pentingnya dengan keterampilan membaca. Multimedia juga memberikan fasilitas yang dapat digunakan Siswa-siswi di kalangan sekolah, terutama sekolah dasar guna memberikan pemahaman serta ilmu yang didapatkan dari Pembelajaran Multimedia. Dalam hal ini, multimedia juga dapat digunakan untuk pembelajaran Matematika. Karena Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Berdasarkan pendapat Kline (1973), Matematika bukanlah sebuah pengetahuan yang dapat dijadikan sempurna untuk dirinya sendiri, tetapi untuk membantu orang memahami dan mengatasi masalah Matematika sosial, ekonomi dan alam. Matematika terutama yang diajarkan di sekolah dasar, merupakan sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengasah kemampuan otak, karena di Sekolah Dasar Matematika bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, dengan ini Siswa-siswi terutama untuk kelas 1 dapat mampu melakukan perhitungan dengan benar dan tepat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Augmented Reality, Matematika | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 07:53 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 03:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13955 |
Actions (login required)
View Item |