PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KUIS TAJWID BERBASIS ANDROID UNTUK MURID TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN HAMAS KRAKITAN

Rianto, Syachrul Octavian (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME KUIS TAJWID BERBASIS ANDROID UNTUK MURID TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN HAMAS KRAKITAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.12.0568 Syachrul Octavian Rianto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (435MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.12.0568 Syachrul Octavian Rianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Hamas Krakitan masih menggunakan metode konvensional berupa materi dan penugasan menggunakan buku, sehingga membuat murid merasa bosan saat belajar. Oleh sebab itu diperlukan inovasi baru yang dapat meningkatkan semangat belajar murid dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berupa Game Kuis Tajwid berbasis android dengan menggunakan perangkat lunak Unity untuk pengembangan game. Pembuatan media pembelajaran berbasis game ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan apabila media pembelajaran game kuis tajwid ini diaplikasikan dalam proses pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an Hamas Krakitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) menggunakan model pengembangan waterfall yang tahapannya meliputi analysis, design, implementation, dan testing serta metode SUS (System Usability Scale). Selain itu terdapat juga pengujian black box untuk menguji system dari game yang telah dibuat. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 11 responden diperoleh hasil skor rata-rata 85,90 % dengan metode SUS dari segi Acceptability Range aplikasi media pembelajaran game kuis tajwid ini masuk ke kategori Acceptable, sedangkan pada Grade Scale berada pada posisi Grade B dan pada Adjective Rating berada pada posisi Excellent. Sedangkan pada bagian Penilaian Guru diperoleh hasil skor rata-rata 89,16 % dari segi interpretasi hasil ini tergolong dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sismoro, Heri
Uncontrolled Keywords: Game Kuis Tajwid, SUS, Unity
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:35
Last Modified: 29 Jul 2023 03:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item