RANCANG BANGUN E-MARKETPLACE UKM KERAJINAN MEBEL UKIR JEPARA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Haidar, Erik Nuzul Hilal (2022) RANCANG BANGUN E-MARKETPLACE UKM KERAJINAN MEBEL UKIR JEPARA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2567 Erik Nuzul Hilal Haidar.zip
Restricted to Repository staff only

Download (82MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2567 Erik Nuzul Hilal Haidar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Kerajinan Mebel Ukir Jepara merupakan sebuah komoditi yang cukup banyak digemari oleh masyarakat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Keberadaan dan perkembangan kerajinan mebel ukir Jepara untuk saat ini sangatlah banyak, namun informasi tentang pengrajin dan produk kerajinan sangat minim untuk diketahui dan diakses oleh calon konsumen yang ingin membeli produk mebel ukir Jepara. Hal ini yang menyebabkan kesulitan dalam proses pemesanan oleh konsumen. Dari observasi dan wawancara yang pernah penulis lakukan, ditemukan beberapa masalah terhadap Pengrajin Mebel Ukir Jepara, yaitu banyak stok barang mebel ukir lama yang belum terjual, dan sistem transaksi yang berjalan saat ini tidak aman baik bagi Produsen maupun bagi Konsumen. Berdasarkan masalah yang didapat, ditemukan solusi diperlukannya sebuah sistem informasi atau marketplace yang secara khusus sebagai tempat transaksi kerajinan mebel ukir Jepara. Marketplace sendiri merupakan salah satu bentuk penyedia media online berbasis web (Web Based) sebagai tempat dilakukannya kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan sehingga memperoleh harga pasar yang sesuai. Hasil desain yang dihasilkan telah diuji menggunakan metode usability testing dengan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Terdapat 5 variabel yang digunakan yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfication. Hasil dari pengujian menunjukkan 81,76% akurasi mudah dipelajari (Learnability), 86,63% akurasi efisiensi (Efficiency), 84,86% akurasi mudah diingat (Memorability), 81,53% akurasi kesalahan (Errors), dan 80,86% akurasi kepuasan (Satisfication).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurnia, Rakhma Shafrida
Uncontrolled Keywords: Mebel Jepara, E-Marketplace, Usability Testing, User Centered Design, Website.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:17
Last Modified: 29 Jul 2023 04:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13925

Actions (login required)

View Item View Item