Haidar, Erik Nuzul Hilal (2022) RANCANG BANGUN E-MARKETPLACE UKM KERAJINAN MEBEL UKIR JEPARA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (747kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2567 Erik Nuzul Hilal Haidar.zip Restricted to Repository staff only Download (82MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2567 Erik Nuzul Hilal Haidar.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
Abstract
Kerajinan Mebel Ukir Jepara merupakan sebuah komoditi yang cukup banyak digemari oleh masyarakat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Keberadaan dan perkembangan kerajinan mebel ukir Jepara untuk saat ini sangatlah banyak, namun informasi tentang pengrajin dan produk kerajinan sangat minim untuk diketahui dan diakses oleh calon konsumen yang ingin membeli produk mebel ukir Jepara. Hal ini yang menyebabkan kesulitan dalam proses pemesanan oleh konsumen. Dari observasi dan wawancara yang pernah penulis lakukan, ditemukan beberapa masalah terhadap Pengrajin Mebel Ukir Jepara, yaitu banyak stok barang mebel ukir lama yang belum terjual, dan sistem transaksi yang berjalan saat ini tidak aman baik bagi Produsen maupun bagi Konsumen. Berdasarkan masalah yang didapat, ditemukan solusi diperlukannya sebuah sistem informasi atau marketplace yang secara khusus sebagai tempat transaksi kerajinan mebel ukir Jepara. Marketplace sendiri merupakan salah satu bentuk penyedia media online berbasis web (Web Based) sebagai tempat dilakukannya kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan sehingga memperoleh harga pasar yang sesuai. Hasil desain yang dihasilkan telah diuji menggunakan metode usability testing dengan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Terdapat 5 variabel yang digunakan yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfication. Hasil dari pengujian menunjukkan 81,76% akurasi mudah dipelajari (Learnability), 86,63% akurasi efisiensi (Efficiency), 84,86% akurasi mudah diingat (Memorability), 81,53% akurasi kesalahan (Errors), dan 80,86% akurasi kepuasan (Satisfication).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Mebel Jepara, E-Marketplace, Usability Testing, User Centered Design, Website. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 07:17 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 04:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13925 |
Actions (login required)
View Item |