IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI SHOLADIG BERBASIS AUGMENTED REALITY

Nurrohman, Wahyu (2022) IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI SHOLADIG BERBASIS AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_18.11.2257 Wahyu Nurrohman.zip
Restricted to Repository staff only

Download (87MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2257 Wahyu Nurrohman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)

Abstract

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini dilakukan dengan cara 'menggambar' objek 3 dimensi pada marker, yakni sebuah 'pola' yang bersifat unik serta bisa dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan perangkat lunak Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Penelitian ini akan memasukkan teknologi AR kedalam aplikasi sholat digital. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi AR ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, model orang sholat 3D pada aplikasi akan muncul diatas marker seolah-olah model tersebut nyata. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran tata cara sholat yang benar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity 3D, Aplikasi Sholadig, Marker Based Tracking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:10
Last Modified: 29 Jul 2023 03:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item