Nurrohman, Wahyu (2022) IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI SHOLADIG BERBASIS AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_18.11.2257 Wahyu Nurrohman.zip Restricted to Repository staff only Download (87MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2257 Wahyu Nurrohman.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
Abstract
Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan apa yang ada di dunia nyata, namun hanya sekedar menambahkan atau melengkapi. Hal ini dilakukan dengan cara 'menggambar' objek 3 dimensi pada marker, yakni sebuah 'pola' yang bersifat unik serta bisa dikenali oleh aplikasinya. Smartphone memungkinkan pengembangan perangkat lunak Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Penelitian ini akan memasukkan teknologi AR kedalam aplikasi sholat digital. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi AR ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, model orang sholat 3D pada aplikasi akan muncul diatas marker seolah-olah model tersebut nyata. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran tata cara sholat yang benar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Unity 3D, Aplikasi Sholadig, Marker Based Tracking | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 07:10 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 03:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13921 |
Actions (login required)
View Item |