PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN GERAK MANUSIA INTERAKTIF 3D BERBASIS ANDROID

Ichwanto, Nugroho Mukhlas (2022) PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN GERAK MANUSIA INTERAKTIF 3D BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16129205 Nugroho Mukhlas Ichwanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.12.9205 Nugroho Mukhlas Ichwanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)

Abstract

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri, salah satunya adalah bergerak. Makhluk hidup akan melakukan gerakan jika ada rangsangan dari luar yang mengenai bagian tubuhnya. Gerak pada manusia menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Sistem gerak ialah sistem tubuh yang terdiri dari otot, sendi, dan tulang yang tergabung menjadi sebuah rangka yang berfungsi untuk memberi bentuk pada tubuh serta memudahkan dalam bergerak dan juga melakukan aktivitas. Materi tersebut merupakan tema 1 : Organ Gerak Manusia, kelas V, SD N 12 AIR UPAS, Ketapang, Kalimantan Barat. Selama ini dalam proses belajar mengajar pendidik menggunakan buku paket, serta belum memiliki alat peraga, sedangkan buku haya menampilkan gambar 2D. Tujuan penelitian yang hendak dicapai ialah perancangan aplikasi media interaktif 3D berbasis android, diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai media alternatif pembelajaran Organ Gerak Manusia, karena dapat memvisualisasikan dalam bentuk objek 3D agar dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar. Aplikasi dirancang berbasis android agar dapat diakses oleh beberapa perangkat Android sekaligus, kapanpun, dan dimanapun. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu Research and Development(R&D). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 12 AIR UPAS tahun pelajaran 2022/2023. Sempel yang diambil peneliti adalah 29 siswa kelas V. Penelitian ini menggunaka kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari perancangan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi, serta siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi karena dapat melihat dengan jelas bagian-bagian organ gerak manusia dalam bentuk 3D bahkan guru dan siswa dapat berinteraksi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sunyoto, Andi
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, 3D, organ gerak manusia, media interaktif, android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:48
Last Modified: 29 Jul 2023 01:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item