Ichwanto, Nugroho Mukhlas (2022) PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORGAN GERAK MANUSIA INTERAKTIF 3D BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (801kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16129205 Nugroho Mukhlas Ichwanto.zip Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.12.9205 Nugroho Mukhlas Ichwanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
Abstract
Makhluk hidup memiliki ciri-ciri, salah satunya adalah bergerak. Makhluk hidup akan melakukan gerakan jika ada rangsangan dari luar yang mengenai bagian tubuhnya. Gerak pada manusia menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Sistem gerak ialah sistem tubuh yang terdiri dari otot, sendi, dan tulang yang tergabung menjadi sebuah rangka yang berfungsi untuk memberi bentuk pada tubuh serta memudahkan dalam bergerak dan juga melakukan aktivitas. Materi tersebut merupakan tema 1 : Organ Gerak Manusia, kelas V, SD N 12 AIR UPAS, Ketapang, Kalimantan Barat. Selama ini dalam proses belajar mengajar pendidik menggunakan buku paket, serta belum memiliki alat peraga, sedangkan buku haya menampilkan gambar 2D. Tujuan penelitian yang hendak dicapai ialah perancangan aplikasi media interaktif 3D berbasis android, diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai media alternatif pembelajaran Organ Gerak Manusia, karena dapat memvisualisasikan dalam bentuk objek 3D agar dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar. Aplikasi dirancang berbasis android agar dapat diakses oleh beberapa perangkat Android sekaligus, kapanpun, dan dimanapun. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu Research and Development(R&D). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 12 AIR UPAS tahun pelajaran 2022/2023. Sempel yang diambil peneliti adalah 29 siswa kelas V. Penelitian ini menggunaka kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari perancangan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi, serta siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi karena dapat melihat dengan jelas bagian-bagian organ gerak manusia dalam bentuk 3D bahkan guru dan siswa dapat berinteraksi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, 3D, organ gerak manusia, media interaktif, android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Dec 2022 06:48 | ||
Last Modified: | 29 Jul 2023 01:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13898 |
Actions (login required)
View Item |