IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN DI STARCOMP JOGJA

Hidayatullah, Muhammad Syarif (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN DI STARCOMP JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (512kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0180 Muhammad Syarif Hidayatullah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.11.0180 Muhammad Syarif Hidayatullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)

Abstract

Toko Starcomp merupakan salah satu Toko yang bergerak dibidang penjualan produk Komputer yang mana Toko ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersimpan sebelumnya baik berupa kertas maupun yang sudah tersimpan dalam database, pihak Toko Starcomp dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai apa saja produk Komputer yang sering dibeli. Cara mengetahui produk Komputer yang dibeli secara bersamaan, dapat digunakan association rule (aturan asosiasi), yaitu teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan bantuan algoritma apriori untuk menghasilkan pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi penting dari data transaksi penjualan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menganalisa pola belanja yang mana pola yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan oleh pihak Toko Starcomp.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sunyoto, Andi
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Apriori Algorithm, Pola Pembelian
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:58
Last Modified: 29 Jul 2023 03:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item