Gracia, Yusuf Andi (2022) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA "SOOZUSTORE" MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2281 Yusuf Andi.G.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
Abstract
Tahun 2019 dimana Mobile legends professional league mulai mendobrak e-sport di Indonesia sehingga banyak diadakan turnamen-turnamen kecil di desa, sekolah maupun kota. Industri e-commerce juga mulai melesat dengan menjual item game yang dimainkan di smartphone seperti pubg, mlbb, dan lainnya dan muncul beberapa start-up dengan menjual item games dengan harga yang terjangkau yang menjadi minat beli pada kalangan pemain. Dalam kasus ini “suuzustore” ingin meningkatkan penjualan dimana penjualan masih menggunakan instagram dan whatsapp menuju start up berupa website yang diharapkan penjualan dapat berjalan lebih lancar. Dengan begitu penulis berantusias membuatkan prototype dengan penerapan UI dan UX yang inovatif dan mudah dipahami serta analisis, sehingga website dengan mudah diterima oleh komsumen maupun user. Metode User Centered Design (UCD) merupakan metode yang akan digunakan dalam pembuatan prototype “suuzostore” tersebut. UCD berfokus pada rancangan yang melibatkan pengguna dalam desain system komputerisasi. UCD memiliki 4 tahapan yaitu Specify context of use, specify user and organizational requirements, produce design solutions, dan evaluate designs against user requirements. Usability testing yang digunakan berupa metode cognitive walkthrough dan system usability scale (SUS). Hasil dari penggunaan metode cognitive walkthrough dapat disimpulkan berhasil dalam evaluasi iterasi pertama dengan keberhasilan semua partisipan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan system usability scale dalam kategori adjective ratings mendapatkan skor rata-rata yaitu 81.5 dengan menghasilkan penilaian grade scale berapa dinilai B, adjective ratings dikategorikan excellent, dan acceptability ranges mendapatkan nilai high dengan kategori acceptable.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | E-sport, E-commerce, Start Up, Suuzostore, Website, UI dan UX, User Centered Design (UCD), Cognitive Walkthrough, System Usability Scale (SUS) | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:26 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13757 |
Actions (login required)
View Item |