Prasetyo, Fidyan Kusniar Hadi (2022) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIRTUAL REALITY DAN MOTION GRAFIS DI SMP BUDYA WACANA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 16.11.0335 Fidyan Kusniar Hadi Prasetyo.zip Restricted to Repository staff only Download (994MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.11.0335 Fidyan Kusniar Hadi Prasetyo.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Abstract
Matematika merupakan pembelajaran yang identik dengan angka dan rumus, butuh pembelajaran berulang-ulang untuk menguasai materi yang ada. Tidak jarang sisawa menyebut matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan, bahkan mencapai nilai sempurna pada mata pelajaran ini sangat sulit. Hal ini berkaitan dengan media pembelajaran dari guru yang berguna untuk membangkitkan semangat siswa. Pada umumnya, pembelajaran matematika dipaparkan dengan cara penjelasan lisan oleh dan latihan soal. Akan tetapi tidak semua siswa mampu memahami pembelajaran dengan cara yang seperti itu. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan siswa takut terhadap mata pelajaran matematika. Sebagai upaya untuk membantu siswa memahami dan membangkitkan motivasi pada pembelajaran matematika dengan cara yang lebih menarik, maka penulis berinisiatif membuat media pembelajaran matematika berbasis virtual reality dan motion grafis di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Proses perancangan media pembelajaran Matematika berbasis virtual reality dan motion grafis ini menggunakan konsep tiga dimensi dengan menambahkan video dan motion grafis. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan kepustakaan. Pada perancangannya, penulis menggunakan data informasi yang didapat dari mengambil data kurikulum yang berlaku di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Berdasarkan kurikulum tersebut, penulis membuat media pembelajaran tiga dimensi dengan menambahkan motion grafis yang mendukung penjelasan mengenai pembelajaran Matematika. Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa dan membantu pemahaman siswa mengenai pembelajaran matematika. Perancangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran bebasis tiga dimensi yang menggambarkan lingkungan sekolah yang setiap ruang kelasnya berisi masing-masing satu materi pembelajaran matematika. Media pembelajaran ini diharapkan bisa membantu guru untuk memaparkan materi dan membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, SMP Budya Wacana, Virtual Reality, Motion Grafis. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:13 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13750 |
Actions (login required)
View Item |