ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK POS PAUD NUSA INDAH BERBASIS ANDROID

Wibisono, Rizky Arief (2022) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK POS PAUD NUSA INDAH BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 16.12.9487 Rizky Arief Wibisono.rar
Restricted to Repository staff only

Download (99MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.12.9487 Rizky Arief Wibisono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Salah satu media yang dapat digunakan dalam pendidikan anak terutama dalam hal pengenalan gerakan wudhu adalah melalui aplikasi permainan atau game. Aplikasi permainan “Mari Wudhu (MADU)” merupakan media yang dijalankan di smartphone android yang dikembangkan sebagai sarana pendidikan siswa dalam mengenal dan mempelajari tata cara berwudhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi permainan sebagai sarana belajar siswa untuk mengenal tata cara berwudhu yang memenuhi aspek Functionality, Efficiency, Usability, dan Portability (ISO 9126). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan langkah langkah: Analisis Kebutuhan, Pengumpulan Data, Desain Aplikasi, Perancangan Aplikasi, Implementasi Aplikasi, Pengujian Black Box, Portability, dan Alpha, Revisi Tahap I, Pengujian Beta, Revisi Tahap II, Produk Akhir. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru dan siswa dari POS PAUD Nusa Indah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan bantuan lembar observasi dan kuesioner. Hasil yang diperoleh berdasarkan prosedur pengujian kualitas perangkat lunak pada pengujian alpha adalah aspek functionality dengan nilai sebesar 91,42%, aspek efficiency sebesar 100%, dan usability sebesar 91,11%. Hasil keseluruhan dari tiga aspek yang menjadi fokus pada uji alpha adalah 92,22% (sangat layak). Pengujian selanjutnya yaitu pengujian beta diperoleh hasil untuk aspek functionality sebesar 89,04%, aspek efficiency sebesar 83,75%, aspek usability sebesar 86,20%, dan aspek portability sebesar 76,67%. Hasil keseluruhan dari empat aspek kualitas perangkat lunak yang menjadi fokus pada uji beta adalah 86% (sangat layak). Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat lunak “Mari Wudhu (MADU)” telah memenuhi kaidah software quality sesuai standar ISO 9126 karena minimal memperoleh nilai dengan kategori “sangat layak” pada setiap pengujian aspeknya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Tata Cara Berwudhu, Android, ISO 9126
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:28
Last Modified: 31 Jul 2023 02:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item