PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN NAMA HEWAN BERBAHASA INGGRIS

Rahmadika, M.Alvin (2021) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN NAMA HEWAN BERBAHASA INGGRIS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0407-M.Alvin Rahmadika.rar
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0407-M.Alvin Rahmadika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Kasus pandemi COVID-19 masih menunjukkan peningkatan jumlah terdampak. Keadaan ini mengharuskan adanya penyesuaian dalam melaksanakan aktivitas dari berbagai sektor, tidak terkecuali pada sektor pendidikan yang melibatkan peserta didik dan tenaga kependidikan. Alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran masa pandemi adalah dengan teknologi digital dan beberapa media pembelajaran yang mendukung seperti zoom, google class room, whatsapp, dan aplikasi lainnya. Akibatnya, banyak siswa yang jenuh hingga mengalami kesulitan dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode kuantitatif dimana metode ini digunakan untuk mendapatkan data berupa angka sebagai alat untuk menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui serta dengan metode pengumpulan datanya yaitu observasi,wawancara,kuesioner. Pada hasil akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Augmented Reality yang dibuat dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pembelajaran dengan persentase 75% termasuk dalam kategori Baik, serta dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan persentase 85,5% dimana masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, pembelajaran, learning media, learning.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:48
Last Modified: 11 Aug 2023 07:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item