PERANCANGAN GAME EDUKATIF ACAK KATA PENGENALAN NAMA HEWAN MENGGUNAKAN AKSARA JAWA

Pramesti, Mayang (2014) PERANCANGAN GAME EDUKATIF ACAK KATA PENGENALAN NAMA HEWAN MENGGUNAKAN AKSARA JAWA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.12.5023 Mayang Pramesti.zip
Restricted to Repository staff only

Download (93MB)

Abstract

Sejauh ini Kebudayaan masih dianggap penting, Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak budaya yang sangat indah seperti tari, lagu, alat musik, busana dan juga tentang aksara, tetapi banyak orang yang melupakan hal itu dan sedikit yang mau melestarikannya, sehingga budaya luar yang masuk dapat mengganggu stabilitas budaya yang sudah terbentuk di Indonesia. Di Pulau Jawa sendiri terdapat budaya Jawa yang salah satunya tergambar dengan penulisan aksara Jawa. Game adalah bentuk dari multimedia interaktif yang pada perkembangannya saat ini digunakan sebagai sarana hiburan sekaligus media untuk belajar. Salah satunya adalah game edukatif “Aku Iso Aksara Jawa” ini, dimana di dalam game ini terdapat permainan acak kata aksara Jawa, menyusun potongan puzzle dan mewarnai gambar hewan yang dibuat menggunakan aplikasi interaktif Adobe Flash CS5. Dengan adanya game ini kiranya dapat ikut serta dalam melestarikan kebudayaan Indonesia, serta memperkaya pengetahuan anak-anak tentang aksara Jawa. Membantu pendidikan dasar pada anak-anak seperti mengenali gambar, mengenali warna, dan mewarnai gambar. Game ini diharapkan mampu menerapkan sistem bermain sambil belajar yang sangat efektif untuk proses pembelajaran serta mengenal kebudayaan Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif, Aksara Jawa, Adobe Flash CS5
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:41
Last Modified: 17 Oct 2023 03:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item