ANALISIS FRAMING DETIK.COM DAN KOMPAS.COM DALAM PEMBERITAAN KECELAKAAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182

Hokor, Arsenia Kewa (2021) ANALISIS FRAMING DETIK.COM DAN KOMPAS.COM DALAM PEMBERITAAN KECELAKAAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (645kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0219-Arsenia Kewa Hokor.pdf. - Arsenia Kewa Hokor.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Kecelakaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, menyita banyak perhatian publik ditanah air. Peristiwa ini tentu menjadi menarik bagi media massa online untuk diberitakan. Media online diantaranya yang memberitakan terjadinya kecelakaan ini adalah Detik.com dan Kompas.com, dengan berbagai topik berita yang telah disuguhkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap media online Detik.com dan Kompas.com dalam membingkai berita kecelakaan jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konstruksi Sosial Media Massa dan Berita dengan menggunakan teori analisis framing. Objek dalam penelitian ini adalah berita tentang kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 terhitung dari tanggal 9 Januari 2021 sampai dengan 21 Januari 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstrukstivis. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Robert N. Entman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap media Kompas.com dalam pemberitaan yaitu, lebih menginformasikan fakta peristiwa yang terjadi dalam kecelakaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Tanpa memihak dalam pemberitaan mengenai pihak dari keluarga korban atau pun pihak dari maskapai penerbangan Sriwijaya. Sedangkan, media online Detik.com dalam pemberitaan, lebih menonjolkan sisi duka atau rasa kehilangan yang dialami oleh pihak keluarga korban dalam kecelakaan jatuhnya pesawat. Ketidakseimbangan dalam pemberitaan atau pun ketidaknetralan, terlihat dari cara sikap pemberitaan oleh media online Detik.com dan Kompas.com. Harapan bagi media di Indonesia untuk tetap selalu konsisten dan adil dalam sebuah pemberitaan di media massa online.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Sikap media, Detik.com, Kompas.com, Sriwijaya Air SJ 182, kecelakaan pesawat.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:58
Last Modified: 12 Aug 2023 04:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item