Hokor, Arsenia Kewa (2021) ANALISIS FRAMING DETIK.COM DAN KOMPAS.COM DALAM PEMBERITAAN KECELAKAAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (645kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (589kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (129kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0219-Arsenia Kewa Hokor.pdf. - Arsenia Kewa Hokor.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
Abstract
Kecelakaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, menyita banyak perhatian publik ditanah air. Peristiwa ini tentu menjadi menarik bagi media massa online untuk diberitakan. Media online diantaranya yang memberitakan terjadinya kecelakaan ini adalah Detik.com dan Kompas.com, dengan berbagai topik berita yang telah disuguhkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap media online Detik.com dan Kompas.com dalam membingkai berita kecelakaan jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konstruksi Sosial Media Massa dan Berita dengan menggunakan teori analisis framing. Objek dalam penelitian ini adalah berita tentang kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 terhitung dari tanggal 9 Januari 2021 sampai dengan 21 Januari 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstrukstivis. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Robert N. Entman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap media Kompas.com dalam pemberitaan yaitu, lebih menginformasikan fakta peristiwa yang terjadi dalam kecelakaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Tanpa memihak dalam pemberitaan mengenai pihak dari keluarga korban atau pun pihak dari maskapai penerbangan Sriwijaya. Sedangkan, media online Detik.com dalam pemberitaan, lebih menonjolkan sisi duka atau rasa kehilangan yang dialami oleh pihak keluarga korban dalam kecelakaan jatuhnya pesawat. Ketidakseimbangan dalam pemberitaan atau pun ketidaknetralan, terlihat dari cara sikap pemberitaan oleh media online Detik.com dan Kompas.com. Harapan bagi media di Indonesia untuk tetap selalu konsisten dan adil dalam sebuah pemberitaan di media massa online.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sikap media, Detik.com, Kompas.com, Sriwijaya Air SJ 182, kecelakaan pesawat. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:58 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1331 |
Actions (login required)
View Item |