PENERARAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN VERTEBRATA DAN AVERTEBRATA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Agustian, Dika (2021) PENERARAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN VERTEBRATA DAN AVERTEBRATA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
AR Hewan - Dika Agustian.zip
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 19.22.2299 - Dika Agustian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang ada di Indonesia telah memasuki segala bidang kehidupan salah satunya di bidang pendidikan. Media pembelajaran di sekolah umumnya masih menggunakan buku sebagai media pembelajaran. Khusunya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terutama pada materi pengenalan hewan vertebrata dan avertebrata, guru hanya bisa menggunakan media buku yang hanya bisa menampilkan gambar 2 dimensi (2D). Bagi seluruh siswa dan siswi khususnya untuk sekolah dasar tentu saja hal tersebut akan terasa membosankan dan kurang menarik pada saat mengikuti pelajaran. Teknologi Augmented Reality yang merupakan teknologi yang cukup berkembang dengan menampilkan objek 3D. Hal itu akan diterapkan pada pembelajaran tentang pengenalan hewan vertebrata dan avertebrata. Diharapkan mampu membantu guru dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk memvisualisasikan sistem gerak tubuh manusia dan hewan vertebrata dalam objek 3D. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran tentang sistem gerak pada manusia dan hewan ini yang ditujukan untuk siswa kelas V sekolah dasar dengan menggunakan teknologi augmented reality. Aplikasi ini juga bisa berjalan dengan baik pada smartphone dengan spesifikasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hewan Vertebrata & Avertebrata, Application, Learning Media, Vertebrata & Vertebrata Animals
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:18
Last Modified: 11 Aug 2023 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item View Item