ANALISIS DAN PERANCANGAN 3D MODELLING KARAKTER DAN BACKGROUND GAME THE HERO OF MAJAPAHIT MENGGUNAKAN METODE SUBDIVISION MODELLING & DIGITAL SCULPTING

Prasetyanto, Anselmus Aris Budi (2014) ANALISIS DAN PERANCANGAN 3D MODELLING KARAKTER DAN BACKGROUND GAME THE HERO OF MAJAPAHIT MENGGUNAKAN METODE SUBDIVISION MODELLING & DIGITAL SCULPTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.11.3790 Anselmus Aris Budi Prasetyanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (554MB)

Abstract

Subdivision modelling merupakan teknik pemodelan polygonal 3D dimana dimulai dengan bentuk geometris. Metode ini dikerjakan secara bertahap mulai dengan mesh resolusi rendah, revisi bentuk, kemudian membagi menjadi sub-mesh dan menambahkan detail. Proses tersebut diulang–ulang agar mendapatkan detail polygonal yang baik dan bisa menyampaikan konsep 3D yang dimaksud. Subdivision modelling biasanya menggunakan software Autodesk 3Ds Max, dan akan digunakan dalam modelling karakter dasar dan background. Digital Sculpting (Bahasa Indonesia : mematung secara digital) merupakan teknik pemodelan 3D berbasis geometri mesh dan voxel. Objek diwakili oleh permukaan mesh yang dapat menarik dan mendorong mesh sekitarnya, seperti mematung menggunakan tanah liat. Volume objek merupakan elemen dasar dan akan tercipta modelling yang halus dan tampak nyata. Digital Sculpting biasanya menggunakan software Pixologic ZBrush, dan akan digunakan dalam modelling karakter dan background yang membutuhkan detail tinggi dan estetika yang indah. Dalam penulisan ini, penulis akan menerapkan dua metode tersebut dalam pembuatan modelling 3D “Karakter & Background Game The Hero of Majapahit” yang hasil rendernya terlihat eyecatching, detail, dan terlihat nyata.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: 3D, Modelling, Subdivision Modelling, Digital Sculping
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Dec 2022 03:18
Last Modified: 16 Nov 2023 06:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item