Prasetyanto, Anselmus Aris Budi (2014) ANALISIS DAN PERANCANGAN 3D MODELLING KARAKTER DAN BACKGROUND GAME THE HERO OF MAJAPAHIT MENGGUNAKAN METODE SUBDIVISION MODELLING & DIGITAL SCULPTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (953kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (110kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.11.3790 Anselmus Aris Budi Prasetyanto.zip Restricted to Repository staff only Download (554MB) |
Abstract
Subdivision modelling merupakan teknik pemodelan polygonal 3D dimana dimulai dengan bentuk geometris. Metode ini dikerjakan secara bertahap mulai dengan mesh resolusi rendah, revisi bentuk, kemudian membagi menjadi sub-mesh dan menambahkan detail. Proses tersebut diulang–ulang agar mendapatkan detail polygonal yang baik dan bisa menyampaikan konsep 3D yang dimaksud. Subdivision modelling biasanya menggunakan software Autodesk 3Ds Max, dan akan digunakan dalam modelling karakter dasar dan background. Digital Sculpting (Bahasa Indonesia : mematung secara digital) merupakan teknik pemodelan 3D berbasis geometri mesh dan voxel. Objek diwakili oleh permukaan mesh yang dapat menarik dan mendorong mesh sekitarnya, seperti mematung menggunakan tanah liat. Volume objek merupakan elemen dasar dan akan tercipta modelling yang halus dan tampak nyata. Digital Sculpting biasanya menggunakan software Pixologic ZBrush, dan akan digunakan dalam modelling karakter dan background yang membutuhkan detail tinggi dan estetika yang indah. Dalam penulisan ini, penulis akan menerapkan dua metode tersebut dalam pembuatan modelling 3D “Karakter & Background Game The Hero of Majapahit” yang hasil rendernya terlihat eyecatching, detail, dan terlihat nyata.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D, Modelling, Subdivision Modelling, Digital Sculping | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Dec 2022 03:18 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 06:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13074 |
Actions (login required)
View Item |