Rahmadani, Intan (2021) PERAN TIKTOK SEBAGAI PENGUAT PENGERJAAN SKRIPSI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (102kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0292-Intan Rahmadani - Intan Rahmadani.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi ini mendorong munculnya berbagai ide dan gagasan baru dalam bentuk inovasi. Salah satunya inovasi pada pemanfaatan Aplikasi TikTok yang dulunya hanya digunakan sebagai media hiburan hingga saat ini mulai dijadikan sebagai media penyebaran informasi dan perluasan wawasan. Perkembangan tersebut juga merubah perspektif masyarakat dalam penggunaan TikTok. Konten TikTok memiliki berbagai ragam jenis, salah satunya adalah konten berisi informasi yang mengedukasi seperti informasi mengenai skripsi. Informasi mengenai skripsi dirasa sangat dibutuhkan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa akhir, maka dari itu muncul banyak konten kreator yang mulai mengunggah video TikTok berupa informasi mengenai hal tersebut guna menambah wawasan para mahasiswa. Penelitian ini mengkaji mengenai peran TikTok sebagai penguat pengerjaan skripsi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta. Fokus masalah penelitian ini yaitu bagaimana konten-konten mengenai skripsi di Aplikasi TikTok dapat membantu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta yang merupakan seorang pengguna TikTok aktif dan sedang mengerjakan skripsi. Untuk menelaah lebih jauh bagaimana peran konten-konten TikTok dalam menambah wawasan mahasiswa tersebut yang sesuai dengan spesifikasi pada penelitian ini, dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yang berupa katakata tertulis atau lisan serta menggunakan studi fenomenologi guna mengkaitkan dengan fenomena Aplikasi TikTok yang sedang booming saat ini. Dengan melakukan wawancara kepada 8 narasumber yang sesuai dengan spesifikasi pada penelitian ini, maka hasil dari penelitian ini yaitu membuktikan bahwa Aplikasi TikTok memiliki peran bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta yang memiliki spesifikasi sebagai pengguna TikTok aktif serta sedang atau sudah mengerjakan skripsi. Mencari tahu hal apa saja yang dapat konten-konten di TikTok berikan sebagai sebuah penguat bagi mahasiswa untuk mengerjakan skripsinya serta mengaitkan fenomena tersebut dengan teori difusi inovasi terkait dengan perkembangan kegunaan TikTok. Selain itu, penelitian ini juga juga terfokus pada peran sebuah aplikasi sebagai media edukasi karena di Aplikasi TikTok ternyata terdapat berbagai ragam informasi mengenai hal-hal terkait edukasi khususnya mengenai skripsi, konten tersebut dapat dijadikan sebagai penguat mahasiswa dalam pengerjaan skripsinya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Peran, TikTok, Skripsi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:58 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2023 04:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1306 |
Actions (login required)
View Item |