PENERAPAN PRINSIP ANIMASI EXAGGERATION PADA FILM KARTUN 2D “CRAYON”

Wardani, Sischa Kusuma (2013) PENERAPAN PRINSIP ANIMASI EXAGGERATION PADA FILM KARTUN 2D “CRAYON”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Animasi biasa digunakan dalam bentuk film, iklan, acara televisi, bahkan game. Animasi dalam film kartun dapat membuat karakter menjadi hidup; merasakan, berfikir, malakukan aksi dan reaksi. Film kartun dapat disebut juga sebagai film animasi yang identik dengan kelucuan dan keanehan bentuk fisik hingga gerakan karakter yang berlebihan. Film kartun dengan bentuk dan gerakan karakter yang wajar secara terus menerus akan membuat orang-orang merasa bosan. Seringkali sebagian orang menganggap bahwa bentuk dan gerakan karakter merupakan salah satu alasan mereka menonton film kartun. Film kartun “Crayon” merupakan film kartun sederhana dibuat dalam bentuk 2D. Film kartun dengan durasi 2 menit ini menerapkan prinsip animasi exaggeration, salah satu dari 12 prinsip animasi. Prinsip animasi exaggeration merupakan gerakan pengembangan dari gerakan normal karakter atau bisa juga disebut dengan gerakan berlebihan. Proses pembuatan film kartun menggunakan software Adobe Flash CS3 dan Adobe Premiere Pro CS3. Film kartun “Crayon” diproses secara manual dan digital. Mula-mula secara manual menentukan dan merancang karakter, hingga sketsa film kartun “Crayon” yang lebih dikenal dengan tahap pra produksi. Selanjutnya masuk tahap produksi dengan cara digital meliputi proses pembuatan karakter bergerak. Kemudian pada tahap akhir pasca produksi, proses editing hingga menjadi sebuah film dengan prinsip animasi exaggeration.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Film, Kartun, Animasi, Film Kartun “Crayon”, Prinsip Animasi Exaggeration
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:47
Last Modified: 07 Nov 2023 02:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item View Item