Al-ahmadi, Salsabila Nur Adilah (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI COCOK HURUF BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (646kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.82.0195-Salsabila Nur Adilah A - Salsabila Nur Adilah Al-ahmadi.rar Restricted to Repository staff only Download (275MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI-17.82.0195-SALSABILA NUR ADILAH A - Salsabila Nur Adilah Al-ahmadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
Abstract
Mengenal huruf abjad merupakan ilmu yang wajib sejak dini. Selama ini metode yang digunakan dalam mengenalkan huruf abjad banyak yang kurang menarik, cenderung membosankan. Sedangkan dalam memperkenalkan huruf abjad pada anak dapat dilakukan dengan menyenangkan, yaitu menggunakan game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game edukasi yang dapat mengenalkan huruf abjad pada pengguna. Metode yang digunakan dalam pengembangan game edukasi ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Dimulai dengan tahap pembuatan konsep, tahap pra-produksi, tahap produksi, tahap pengujian dan terakhir tahap perilisan. Game Cocok Huruf ini hanya dapat dimainkan oleh satu orang. Game “Cocok huruf” berjenis game kartu dan teka-teki yang memiliki tiga level kesulitan. Dan karena Permainan dengan menggunakan perangkat mobile memiliki kelebihan yaitu pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga platform android dipilih sebagai media pengembangan game edukasi “Cocok Huruf”. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme pada game Cocok Huruf sudah dapat berjalan dengan yang diharapkan tanpa adanya error atu bug. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pengguna, pada pengujian aplikasi secara keseluruhan didapatkan persentase 98,75%. Dengan begitu hasil persentase menunjukkan bahwa evaluasi pengguna terhadap Aplikasi Game Cocok Huruf adalah baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan, Edukasi, Android, Huruf Abjad, Game Development Life Cycle (GDLC), Educational, Game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:15 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1293 |
Actions (login required)
View Item |