PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI COCOK HURUF BERBASIS ANDROID

Al-ahmadi, Salsabila Nur Adilah (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI COCOK HURUF BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.82.0195-Salsabila Nur Adilah A - Salsabila Nur Adilah Al-ahmadi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (275MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI-17.82.0195-SALSABILA NUR ADILAH A - Salsabila Nur Adilah Al-ahmadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Mengenal huruf abjad merupakan ilmu yang wajib sejak dini. Selama ini metode yang digunakan dalam mengenalkan huruf abjad banyak yang kurang menarik, cenderung membosankan. Sedangkan dalam memperkenalkan huruf abjad pada anak dapat dilakukan dengan menyenangkan, yaitu menggunakan game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game edukasi yang dapat mengenalkan huruf abjad pada pengguna. Metode yang digunakan dalam pengembangan game edukasi ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Dimulai dengan tahap pembuatan konsep, tahap pra-produksi, tahap produksi, tahap pengujian dan terakhir tahap perilisan. Game Cocok Huruf ini hanya dapat dimainkan oleh satu orang. Game “Cocok huruf” berjenis game kartu dan teka-teki yang memiliki tiga level kesulitan. Dan karena Permainan dengan menggunakan perangkat mobile memiliki kelebihan yaitu pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga platform android dipilih sebagai media pengembangan game edukasi “Cocok Huruf”. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa mekanisme pada game Cocok Huruf sudah dapat berjalan dengan yang diharapkan tanpa adanya error atu bug. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pengguna, pada pengujian aplikasi secara keseluruhan didapatkan persentase 98,75%. Dengan begitu hasil persentase menunjukkan bahwa evaluasi pengguna terhadap Aplikasi Game Cocok Huruf adalah baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Permainan, Edukasi, Android, Huruf Abjad, Game Development Life Cycle (GDLC), Educational, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:15
Last Modified: 11 Aug 2023 01:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item