Hakim, Rajiv Mahendra (2021) IMPLEMENTASI METODE POSE TO POSE DALAM ANIMASI 3D GERAKAN DASAR LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code_17.82.0013_Rajiv Mahendra Hakim - Rajiv Mahendra Hakim.rar Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.82.0013-Rajiv Mahendra Hakim - Rajiv Mahendra Hakim.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pose to pose pada pembuatan Animasi 3D pola gerakan dasar manusia lokomotor dan non lokomotor. Dalam pembuatan film animasi seorang animator harus bisa membuat gerakan yang halus dan nyata karena kualitas gerakan yang dihasilkan akan mempengaruhi alur cerita yang ditentukan dan pesan yang ingin disampaikan. Dalam menganimasikan seorang animator harus mengetahui prinsip-prinsip dasar animasi terutama metode yang ingin digunakan dalam proses animating. Sehingga pada saat membuat animasi 3D tidak bisa sembarangan, harus ada metode yang sesuai dan algoritma animating yang benar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Data primer berupa berupa pembuatan objek karakter 3D secara langsung menggunakan software autodesk maya dan berupa video gerakan lokomotor, gerakan non lokomotor yang diperoleh dari rekaman secara langsung. Kemudian data sekunder yang diperoleh dari berbagai jurnal dan buku yang berhubungan dengan animasi 3d dan metode pose to pose. Manfaat penelitian ini dapat membuktikan kepada masyarakat yang sedang belajar animasi, bahwa metode pose to pose dalam pembuatan animasi 3D dapat menghasilkan gerakan yang jelas. Poin dari setiap key sudah terlihat, pekerjaan dalam pembuatan animasi lebih cepat dan posisi gerakan dengan mudah terbaca. Pada pengujian implementasi metode pose to pose menggunakan cara screenshot frame dan gerakan untuk melihat hasil kemiripan antara video rekaman dengan video animasi, dilakukan juga penerapan titik poin sebagai acuan perpindahan pada setiap keyframe dan melihat seberapa akurat antara video rekaman dengan modelling 3D. Hasil akhir pada penelitian ini menghasilkan video semulasi gerakan animasi 3D gerakan dasar lokomotor dan non lokomotor.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | pose to pose, animasi 3d, lokomotor, non lokomotor, gerakan, 3D animation, locomotor, non locomotor, movement. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:04 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1284 |
Actions (login required)
View Item |