Hartanto, Puji Dwi (2015) ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Studi Kasus : SMK N 1 Sedayu. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (656kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.11.5191 Puji Dwi Hartanto.zip Restricted to Repository staff only Download (73MB) |
Abstract
SMK N 1 Sedayu yang masih menggunakan konsep konvensional. Konsep konvensional merupakan kegiatan belajar mengajar sepenuhnya dilakukan pada pertemuan didalam kelas. Proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas terbatas oleh waktu, yaitu setiap pertemuan dilakukan selama 90-160 menit. Oleh karena itu materi yang diberikan terkadang belum sampai tuntas. Sehingga tak jarang siswa yang ingin mempelajari kembali pelajaran yang didapat disekolah. Namun karena keterbatasan materi yang dicatat oleh siswa menyebabkan terbatasnya siswa dalam mempelajari kembali pelajaran tersebut hingga tuntas. Selain itu, jika siswa mengalami kesulitan harus menunggu pertemuan dikelas untuk bertanya kepada guru. Oleh karena itu, aplikasi e-learning bisa digunakan untuk membantu pembelajaran yang ada pada SMK N 1 Sedayu. Aplikasi e-learning dibuat menggunakan framework Codeigniter dengan bahasa PHP, MySQL sebagai database, dan Apache sebagai web server. Teknik pengumpulan data berdasarkan data yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi elearning. Pada tahap analisa masalah mengunakan analisis PIECES. Setelah itu, menentukan kebutuhan dari aplikasi e-learning. Tahap selanjutnya adalah melakukan perancangan aplikasi menggunakan metode OOAD dengan UML (Unified Modeling Language). Kemudian dilakukan pembuatan aplikasi berdasarkan perancangan tersebut. Aplikasi yang dihasilkan dibuat dengan cara melakukan analisis PIECES, menentukan kebutuhan aplikasi, melakukan perancangan kemudian pembuatan aplikasi. Aplikasi e-learning pada SMK N 1 Sedayu dapat membantu mendistribusikan materi pembelajaran, menampilkan jadwal pelajaran, informasi pelajaran pada pertemuan selanjutnya, forum diskusi dan ujian online.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | E-learning, UML, Framework Codeigniter, Media Pembelajaran, Perancangan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Dec 2022 01:40 | ||
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:13 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12770 |
Actions (login required)
View Item |