PERANCANGAN APLIKASI UNTUK MENYELESAIKAN RUBIK BAGI PEMULA BERBASIS ANDROID

Fathurrahim, Maulana (2015) PERANCANGAN APLIKASI UNTUK MENYELESAIKAN RUBIK BAGI PEMULA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.12.5527 Maulana Fathurrahim.zip
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rubik adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada setiap sisinya. Awalnya, rubik digunakan oleh profesor tersebut untuk membantu siswanya memahami lebih lanjut tentang tiga dimensi geometri. Puzzle ini memulai kemunculannya di toko-toko mainan dengan nama magic cube. Aturan bermain rubik sangat mudah yaitu dengan membuat setiap sisi rubik satu warna. Metode untuk menyelesaikan rubik ada banyak. Namun, metode yang mudah dipahami bagi pemula adalah metode Beginner. Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone. Dengan membuat aplikasi android yang dapat membantu menyelesaikan rubik yang ditujukan bagi pengguna yang baru mengenal rubik agar lebih mudah memahami dan mempraktekan bagaimana cara menyelesaikan rubik. Pada Skripsi ini, penulis mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada dan merancang sebuah aplikasi yang dapat membantu untuk menyelesaikan rubik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, analisis kelayakan dan analisis kebutuhan. Penulis merancang aplikasi ini dengan menggunakan metode pengembangan UML. Melakukan perancangan model proses menggunakan model UML, rancangan interface dan pengujian. Aplikasi yang dihasilkan yaitu berupa aplikasi berbasis android, yang dapat membantu menyelesaikan rubik yang ditujukan bagi pengguna yang baru mengenal rubik agar lebih mudah memahami dan mempraktekan bagaimana cara menyelesaikan rubik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sunyoto, Andi
Uncontrolled Keywords: Android, Rubik, Metode Pemula, UML, SWOT
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Dec 2022 03:23
Last Modified: 19 Oct 2023 07:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item