PENERAPAN MICROSOFT XBOX KINECT MOTION CAPTURE SENSOR DALAM ADEGAN PERTARUNGAN UNTUK FILM ANIMASI 3D “SELAMATKAN BUMI”

Suryajaya, I Dewa Bagas (2013) PENERAPAN MICROSOFT XBOX KINECT MOTION CAPTURE SENSOR DALAM ADEGAN PERTARUNGAN UNTUK FILM ANIMASI 3D “SELAMATKAN BUMI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.4049 I Dewa Bagas Suryajaya.zip
Restricted to Repository staff only

Download (309MB)

Abstract

Motion Capture atau mocap merupakan metode atraktif dalam pembuatan film animasi khususnya film animasi 3D. Mocap dapat mempercepat proses penganimasian. Tetapi alat mocap asli sangatlah mahal, berkisar 3000euro per bulannya hanya untuk biaya penyewaannya. Muncul teknologi baru yang bernama Kinect yang harganya hanya berkisar 1 jutaan rupiah, alat ini juga dapat menjadi alat mocap. Oleh sebab itu, penelitian tentang penerapan Kinect untuk alat mocap dalam film animasi 3D "Selamatkan Bumi" telah dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menerapkan alat mocap Kinect ke dalam sebuah film animasi 3D yang berjudul "Selamatkan Bumi". Setelah penerapan Kinect, akan dilanjutkan beberapa pengujian untuk mendapatkan kinerja dari alat mocap Kinect ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya sebuah penerapan Kinect sebagai alat mocap agar animasi yang dihasilkan lebih realistis seperti gerakan manusia dan agar lebih menghemat biaya. Sedangkan kinerja dari alat mocap Kinect memerlukan area aman tertentu, alat ini juga tidak terpengaruh oleh penanda atau sering disebut markerless, alat ini juga tidak terpengaruh oleh intensitas cahaya. Untuk mengantisipasi gerakan tidak terekam maka talent atau pengguna tidak boleh melebihi kecepatan tertentu.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aritmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Motion capture, Animasi 3D, Kinec
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:40
Last Modified: 16 Nov 2023 04:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item View Item