ANALISIS DAN PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN ALAT MUSIK BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN UNITY DI RA NURUL DZIKRI

Rahmawati, Atika (2021) ANALISIS DAN PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN ALAT MUSIK BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN UNITY DI RA NURUL DZIKRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 17.11.1620-Atika Rahmawati - Atika Rahmawati.rar
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 17.11.1620 - Atika Rahmawati - Atika Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas yaitu dengan meningkatkan materi dan metode pembelajaran pada peserta didik. Jalur pendidikan yang dapat ditempuh untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas salah satunya dengan jalur pendidikan Raudhatul Athfal (RA). Raudhatul Athfal (RA) memiliki bentuk penyelenggaraan pendidikan yang mengutamakan ke arah pertumbuhan dan perkembangan pada anak. RA Nurul Dzikri yang berlokasi di Condong Catur, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu Raudhatul Athfal (RA) yang dalam kegiatan seni musik di sekolah jenis peralatan musik yang disediakan masih terbatas dan tidak semua anak mampu untuk mengetahui serta memahami tentang berbagai macam bentuk serta bunyi dari alat musik. Ditambah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat kegiatan belajar mengajar harus dilakukan di rumah hingga saat ini. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat aplikasi pembelajaran alat musik berbasis Augmented Reality (AR) sebagai alat bantu proses kegiatan seni musik agar menjadi lebih efektif saat dilakukan di rumah ataupun di sekolah. Augmented Reality (AR) merupakan suatu teknologi yang menggabungkan antara dunia maya dengan dunia nyata dimana teknologi tersebut dapat diterapkan pada berbagai bidang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi yang dibuat dengan teknologi Augmented Reality (AR) diberi nama “Instromusicalisto”. Aplikasi ini dapat menampilkan visual 3D dan menyampaikan informasi tentang pengenalan alat musik di sekolah menggunakan smartphone berbasis android. Aplikasi membutuhkan kamera pada smartphone yang fungsinya untuk memindai objek tertentu sehingga dimunculkan sebuah gambaran visual 3D. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi “Instromusicalisto” dapat dijadikan sebagai alat bantu proses kegiatan seni musik di RA Nurul Dzikri. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji validitas, uji reliabilitas dan uji T (One Sample T – Test) yang telah dilakukan. Dari hasil ketiga pengujian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kuisioner bersifat valid, reliabel dan data kuisioner pengujian aplikasi dapat dipercaya. Saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya pada aplikasi ini dapat ditambahkan backsound saat aplikasi dijalankan sehingga pengguna dapat lebih interaktif. Perbaikan dan penambahan jenis – jenis alat musik 3D dapat lebih dilengkapi sehingga dapat diimplementasikan sebagai alat bantu atau alat pelengkap media pembelajaran di seluruh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Raudhatul Athfal (RA).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Subektiningsih
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, 3D, Android, Instromusicalisto
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:19
Last Modified: 10 Aug 2023 07:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item